Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Buka Musrenbang RKPD, Mesakh Elfeto: “Penuntasan Isu-Isu Strategis Daerah, Tujuan Kerja Kita”

Plt. Sekda Mesakh Elfeto, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Dan Taimenas bersama Forkopimda pada pembukaan Musrenbang RKPD Jumat (19/4/24).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Pemerintah kabupaten Kupang menggelar Musrenbang RKPD Jumat (19/4/24.

 

Plt. Sekda kabupaten Kupang Mesakh Elfeto saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, semua bahan Musrenbang ini, berasal dari rancangan awal hasil verifikasi usulan kecamatan dan pokir DPRD melalui tahapan forum perangkat daerah yang secara bersama-sama akan disempurnakan melalui pembahasan dan persetujuan untuk menjadi rancangan akhir RKPD tahun 2025.

 

“Seluruh pimpinan OPD wajib untuk segera menyelesaikan rancangan akhir renja-nya sebelum tanggal 26 April 2024 ini. Perlu juga saya tegaskan di sini bahwa penuntasan isu-isu strategis daerah adalah tujuan kerja kita dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2025. Sehingga TAPD dapat memastikan bahwa 60% komposisi pembelanjaan adalah untuk belanja modal dan program peningkatan kesejahteraan publik”, tegas Mesak Elfeto, dalam sambutannya saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD, di Lobby Lantai 1 Kantor Bupati Kupang di Oelamasi Jumat (19/4/2024).

Dia menyampaikan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan para anggota DPRD, Camat, Kades/Lurah dan LSM yang tidak berkurang motivasi dan suportnya dalam pelaksanaan seluruh tahapan perencanaan pembangunan yang telah diawali dari Musrenbangdes, Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga saat ini.

 

Berangkat dari tema pembangunan kabupaten Kupang tahun 2025, “Pemenuhan Layanan Dasar Melalui Kualitas SDM dan Infrastruktur Yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Plt. Sekda Kabupaten Kupang berharap atensi serius dari semua pihak untuk merealisasikan target-target pembangunan yang telah ditetapkan.

Mesak mengatakan, “dalam forum musrenbang ini sebagai wadah klarifikasi dan penyelarasan untuk terciptanya kesepakatan dalam pencapaian sasaran, tujuan, strategi dan arah kebijakan sesuai dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2025-2026”.

 

Ketua DPRD kab Kupang, Daniel Taimenas, mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.

“Melalui forum ini, kita dapat bersama-sama merumuskan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi di daerah kita. Sebagai perwakilan lembaga DPRD, saya menganggap kehadiran kita di sini sebagai momentum untuk menggali gagasan dan solusi terbaik demi kemajuan kabupaten kita”, ujarnya.

 

Taimenas menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.

“Melalui forum ini kita dapat bersama-sama merumuskan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi di daerah kita”, kata dia.

 

“Saya menganggap kehadiran kita di sini sebagai momentum untuk menggali gagasan dan solusi terbaik demi kemajuan kabupaten kita”, ucap dia.

 

“Untuk itu saya mengajak seluruh peserta musrenbang RKPD tingkat kabupaten ini untuk bersikap proaktif dan berkontribusi secara maksimal, serta berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. Sebab semua usulan dan aspirasi yang disampaikan akan menjadi dasar dalam penyusunan RKPD yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembangunan ditahun mendatang”, terang dia.

Tinggalkan segala kepentingan politik demi kepentingan bersama yaitu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Kupang”, harap Taimenas.

Pada akhir sambutannya, Taimenas menyatakan, siap mendukung dan memfasilitasi setiap langkah yang diambil untuk mewujudkan RKPD yang berkualitas dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat.

 

Dia mints semua peserta Musrenbang untuk bersama-sama menjadikan Musrenbang RKPD ini sebagai langkah awal menuju pembangunan yang lebih baik dan berkesinambungan.

 

“Marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga integritas dan etika dalam pelaksanaan program ini. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pembangunan daerah kita serta terus berkembang dan berkelanjutan. Melalui program ini kita bisa sama-sama merumuskan pembangunan di daerah kita, dalam membangun berbagai sektor. Atas nama masyarakat kabupaten Kupang, saya menyampaikan kepada kita semua agar layanilah masyarakat dengan hati yang tulus”, imbau dia.

 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

 

Turut hadir, Forkopimda Kabupaten Kupang diantaranya Dandim 1604/Kupang Kolonel Infanteri Wiwit Jalu Wibowo dan Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata. Juga para Anggota DPRD, Para Asisten Sekda Kabupaten Kupang. Para pimpinan OPD Propinsi NTT dan para pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Kupang. (NH).

  • Bagikan