Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2025, Ini Kata Pj. Wali Kota

Pj. Wali Kota Kupang Fahrenzy P. Funay bersama peserta forum konsultasi publik Rencana Awal RKPD.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si., membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kupang Tahun 2025.

 

Kegiatan mengusung dengan tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Ekonomi, serta Pelayanan Publik Yang Inklusif, Berbasis Digital, dan Berwawasan Lingkungan” tersebut digelar di Hotel Sylvia Premier Kota Kupang, Kamis (21/03).

 

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Kupang menyampaikan, pembangunan Kota Kupang dilakukan secara simultan dan terencana sesuai tujuan sasaran dan strategi pembangunan daerah yang diarahkan untuk peningkatan kesejaterahan masyarakat.

 

“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini merupakan salah satu wujud kepatuhan terhadap ketentuan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah”, demikian Fahrenzy.

 

Menurut dia, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana jangka panjang daerah.

 

Rencana Jangka menengah dan rencana kerja pemerintah daerah khususnya pasal 88 ayat (1) mengamanatkan bahwa rencana awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan guna memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD Kota Kupang yang nantinya menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan pembangunan dan anggaran tahun 2025 untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, prioritas pembangunan daerah tahun 2025 pada peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur, pemulihan ekonomi, dan pelayanan publik.

 

“Sehubungan dengan prioritas pembangunan tersebut maka pelaksanaan forum konsultasi publik hari ini diharapkan dapat menjaring aspirasi para pemangku kepentingan terhadap kualitas dan sasaran pembangunan tahun 2025. Hal ini terutama terkait dengan isu-isu strategis, tujuan, sasaran, dan prioritas pembangunan agar konsisten dengan prioritas nasional dan prioritas provinsi,” jelas Fahrensy.

 

Pada akhir sambutannya, Penjabat Wali Kota juga berharap, melalui forum diskusi publik ini ada masukan yang konstruktif dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Kupang tahun 2025.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang, Agustinus Hake, S.Pt menyampaikan, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Kupang Tahun 2025 merupakan salah satu tahapan dari serangkaian proses perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kupang untuk perencanaan tahun 2025.

 

“Forum ini merupakan momentum untuk memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Kupang Tabun 2025 sampai dengan tersusunnya rencana kerja pemerintahan daerah Kota Kupang Tahun 2025.

 

“Forum ini sebagai sarana musyawarah para stakeholder untuk memantapkan rancangan awal RKPD Kota Kupang Tahun 2025. Serta menimbang saran dan masukan yang akan dijadikan bahan penyempurnaan RKPD Kota Kupang Tahun 2025,” pungkasnya. (PKP_nit)

  • Bagikan