Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Peringati Hari Bela Negara Ke-75, Presiden Sampaikan Pesan Penting

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Korem 161/Wira Sakti melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun 2023 di Lapangan Makorem 161/WS Jln. W.Z Lalamentik Oebufu Kota Kupang, Selasa (19/12/2023).

 

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kasi Intel Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Sentot Dwi Purnomo mewakili Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H.,M.M

 

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasi Intel Kasrem 161/Wira Sakti menyampaikan Tema yang diusung pada tahun ini “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

 

“Tema ini diharapkan dapat mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara, serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju,” jelasnya.

 

Presiden RI mengingatkan pentingnya Hari Bela negara bagi tetap tegak utuhnya NKRI guna menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

“Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk Bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita citakan. Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Presiden RI menyampaikan, “Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat”.

 

Presiden RI menambahkan bahwa Bela Negara adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

 

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara”, ujarnya.

 

Pada akhir amanatnya, Presiden RI mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

 

Hadir pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakt. Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana. Para Dankabalak Korem 161/Wira Sakti, Para Pasi Korem 161/Wira Sakti, Seluruh Anggota dan PNS Makorem 161/Wira Sakti. Serta seluruh anggota dan PNS Balak Aku Kodam IX/Udayana. (Penrem).

  • Bagikan