Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ziarah Nasional, Warnai Hari Pahlawan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023 di TMP Dharma Loka Jl. Timor Raya No.10, Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Jum’at (10/11).

 

Upacara Ziarah Nasional Tingkat Prov NTT, sebagai Komandan Upacara Kasdim 1604/Kupang Letkol Czi Sunardi,S.T.,M.I.P ini dimulai tepat pukul 08:00 Wita, ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Komandan Upacara. Mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara. Peletakan Karangan Bunga oleh Inspektur Upacara. Doa untuk arwah para pahlawan, penghormatan terakhir dan peletakan karangan bunga di depan tugu Taman Makam Pahlawan (TMP).

 

Danrem 161/Wira Sakti usai kegiatan Upacara Ziarah Nasional menyampaikan kepada awak media tentang maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023.

 

“Sebagai Bangsa besar kita harus bisa menghargai dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang dan memerdekakan negeri ini. Bagaimana kita mengenang jasa para Pahlawan dalam merebut Kemerdekaan, tentu gelora atau semangat perjuangan akan terus dilanjutkan karena tugas kita lebih berat. Kalau dulu kata Bung Karno melawan penjajah sekarang kita melawan Bangsa sendiri. Artinya kita siap terus semangat untuk membangun, mengisi Kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif”, ungkap Danrem 161/Wira Sakti.

 

Lebih lanjut dikatakan Danrem 161/Wira Sakti bahwa Pengorbanan dari para Pahlawan kita itu tidak sia-sia.

 

“Saya yakin dan percaya kita semua di sini menggelorakan semangat perjuangan dalam rangka mengisi Kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sehingga Bangsa kita menjadi Bangsa yang besar semakin maju dan semakin disegani aleh Bangsa-Bangsa lain”, pungkas Danrem 161/Wira Sakti.

 

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi NTT Emelia J. Nomleni menyampaikan selamat hari Pahlawan untuk seluruh masyarakat NTT seluruh Bangsa Indonesia.

 

“Tentu kita berterima kasih karena ada banyak orang baik pada waktu lalu, baik tersebut namanya maupun tidak, yang telah meninggalkan legasi yang luar biasa kepada kita. Sehingga hari ini kita ada di dalam kesempatan yang luar biasa. Oleh karena itu kita mengajak semua untuk tetap menjaga spirit yang sudah ada ini,” ucap Ketua DPRD Prov NTT.

 

“Kita akan menjadi Pahlawan kecil dilingkungan kita masing- masing dengan tetap menjaga NKRI, Indonesia, NTT dan tempat kita masing-masing dengan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing”, tegasnya.

 

Adapun tema Hari Pahlawan yang diangkat pada Tahun ini yaitu “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

 

Hadir pada kegiatan ini, Unsur Forkopimda Prov NTT. Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Prov NTT. Para Pejabat TNI Polri serta pimpinan Instansi Vertikal.

 

Turut hadir juga pada kegiatan ini Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Danbrigif 21/Komodo, Dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana. Danyonif 743/PSY, Danyon Armed 20/15/ GS/BY, Danyon Arhanud 9/AWJ, Dankikav 4/SP. Serta Anggota TNI-Polri dan PNS jajaran Korem 161/Wira Sakti. (Penrem).

  • Bagikan