Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pimpin Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ini Pesan Korem 161/Wira Sakti

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Usai Vicon Apel Gelar kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024, dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Lapangan Apel Makorem 161/Wira Sakti Kupang, Rabu (8/11).

 

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M dalam sambutannya menyampaikan, Pemilu yang Damai di tahun 2024 merupakan idaman semua pihak.

“Sebagai tanggung jawab kita bersama seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu Tahun 2024. Oleh karena itu kegiatan ini penting dilaksanakan guna mengecek kesiapan personel dan materiil yang digunakan dalam mendukung kelancaran pemilu tahun 2024,” tegas Danrem 161/Wira Sakti.

 

Lebih lanjut dia menegaskan, setiap komandan dan seluruh unsur yang terlibat benar benar mengetahui dan memahami tugas tanggung jawabnya masing masing, sehingga memiliki kesiapsiagaan dan melaksanakan tugas pengamanan secara optimal dan tidak terjadi kesalahan prosedur di lapangan.

 

Selanjutnya Danrem 161/Wira Sakti berharap kepada seluruh elemen masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk menjaga kondusifitas wilayah.

 

“Saya menghimbau walaupun berbeda pilihan namun diharapkan tetap menjaga dan mengutamakan persatuan, kesatuan, ketenangan, kedamaian dan keamanan situasi wilayah. Jangan mudah terpengaruh, terprovokasi dan diadu domba oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Danrem.

 

Sementara itu Ketua KPU Provinsi NTT yang diwakili oleh Kabag Hukum dan Masyarakat KPU Prov NTT Andrew S.N. Katte menyampaikan apresiasi kepada Korem 161/Wira Sakti yang telah menyelenggarakan Apel gelar kesiapan pengamanan pemilu tahun 2024, dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.

 

Pj Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake dalam sambutannya menyambut baik dan juga memberikan apresiasi kepada Korem 161/Wira Sakti yang menyelenggarakan kegiatan ini.

 

“Dengan mengedepankan Netralitas TNI, Korem 161/Wira Sakti bersama Polda NTT dan unsur terkait lainnya bersinergi mengawal seluruh tahapan pemilu 2024. Ini dilakukan agar Pemilu dapat berjalan aman, jujur, adil, demokratis dan damai,” jelas dia.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, “pada hari ini kita akan menyaksikan deklarasi pemilu damai 2024 yang merupakan upaya bersama dalam membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses kehidupan berdemokrasi pada perhelatan pemilu 2024 di Prov NTT.

Semangat dalam mewujudkan pemilu damai ini dituangkan dalam naskah bersama yang diikrarkan dan ditandatangani oleh semua Pemangku kepentingan khususnya para peserta pemilu, mengetahui Pj Gubernur NTT, Seluruh unsur Forkopimda NTT dan komponen bangsa lainnya.

 

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi pemilu damai oleh Ketua Bawaslu Prov NTT yang diwakili oleh Kabag Humas Data Informasi Bawaslu NTT Felipus C. Bolling diikuti oleh Unsur Forkopimda Prov NTT, Seluruh Ketua Partai Politik, FKUB, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, tokoh pemuda dan Organisasi Masyarakat.

 

Setelah itu dilaksanakan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Prov NTT, Kapolda NTT. Danlantamal VII/Kupang. Danlanud El Tari Kupang, Kabinda NTT. Kepala Kejaksaan Tinggi Prov NTT. Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Ketua KPU Prov NTT. Ketua Bawaslu Prov NTT. Ketua FKUB Prov NTT. Ketua PWI Prov NTT, Tokoh Agama meliputi Ketua MUI NTT, Ketua GMIT Sinode NTT, Uskup Agung Kupang, Ketua PHDI Prov NTT, Ketua Walubi NTT, Tokoh adat/Pemuda,Tokoh masyarakat, Ormas dan Para Ketua Partai Politik Wilayah NTT. (Penrem).

  • Bagikan