Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pj. Gubernur NTT, Minta Para Imam Baru, Lakukan Ini di Tengah Masyarakat

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, Pj. Wali Kota,Fahrenzy Funay dan Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang, Perwakilan Forkopimda bersama para Imam baru Rabu (18/10/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC berkesempatan menghadiri Syukuran Tahbisan Imam Baru yang dilaskanakan di Aula Gereja Paroki Sta. Maria Assumpta Kupang Rabu (18/10/23).

 

Turut hadir dalam acara tersebut Uskup Agung Kupang Yang Mulia Mgr. Petrus Turang, Danlanud El Tari Kupang Aldrin Petrus Mongan, Kepala Staf Korem (Kasrem) 161/Wira Sakti Simon Petrus Kamlasi, Pj Walikota Kupang Fanrensy Funay.

 

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC dalam sambutannya mengatakan para imam yang ditahbis merupakan anugrah bagi umat dan segenap masyarakat Nusa Tenggara Timur.

“Para Imam yang ditahbiskan hari ini tidak hanya menjadi berkat bagi Gereja Katolik tetapi juga menjadi rahmat bagi Pemerintah dan Masyarakat Nusa Tenggara Timur. Dalam berbagai bidang tugas dan pelayanan yang akan dipercayakan Bapak Uskup dan Pemimpin Kongregasi, mereka akan terlibat secara aktif dalam upaya pembangunan di bidang religius, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan pendidikan bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur,” kata Ayodhia.

 

“Kita tentunya mensyukuri rahmat tahbisan yang telah diterima para Imam baru pada hari ini. Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, saya mengucapkan profisiat kepada para imam yang ditahbiskan pada hari. Terima kasih kepada orang tua dan keluarga yang telah memperkenankan anak-anaknya untuk melayani Tuhan dan sesama umatnya,” ungkapnya.

 

Dia juga memberikan apresiasi kepada Para Imam yang telah melewati berbagai tahapan pendidikan, pembinaan, pendampingan dan pergumulan diri yang panjang, hingga memutuskan untuk menyerahkan diri secara utuh kepada Tuhan untuk menjadi pelayan bagi sesama yang membutuhkan.

 

Pj. Gubernur juga memberikan pesan agar tetap melayani dengan setia kepada Tuhan dan umat.

“Jalanilah hidup sebagai Pelayan terpilih secara teguh dan setia. Di tengah arus konsumerisme, perkembangan teknologi yang pesat dan kebebasan instan yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia baik itu sosial, religius, ekonomi, kebudayaan, politik dan berbagai aspek lainnya. Para imam sebagai garda terdepan dalam pelayanan pastoral diharapkan semakin terlibat dalam berbagai kegelisahan dan pergulatan umat dan masyarakat pada umumnya,” tambah dia.

 

“Berkaitan dengan kondisi perubahan iklim ekstrem yang menjadi keprihatinan dunia dewasa ini. Paus Fransiskus telah mengeluarkan dua ensiklik penting tentang ekologi yakni _Laudato Si_ dan _Laudato Deum._ Melalui kedua ensiklik ini, Gereja Katolik telah menunjukkan komitmen teguh untuk merawat dan menjaga lingkungan, dan semua ciptaan Tuhan. Saya mengajak para imam yang ditahbiskan pada hari ini untuk turut serta dalam berbagai upaya ekologis dengan spirit pembangunan berkelanjutan,” ajak Ayodhia.

 

Di akhir sambutannya, Pj. Gubernur juga meminta agar Para Imam dan juga semua tokoh agama untuk menjaga kesatuan dan kerukunan serta ketentraman masyarakat menjelang momentum Pilkada.

 

“Saat ini kita juga sedang memasuki tahapan politik menuju Pemilihan Umum Tahun 2024. Saya mengajak para pemimpin agama dan semua umat beragama untuk tetap menjaga kebersamaan, kerukunan dan toleransi antar umat bergama. Mari tetap menjaga perdamaian dan ketentraman untuk mendukung terlaksananya Pemilu yang partisipatif dan berkualitas di daerah ini. Kita boleh berbeda pilihan politik tetapi kita tetap bersaudara dalam satu ikatan persaudaraan Flobamorata,” tutupnya.

 

Untuk diketahui ke-10 diakon yang ditahbis menjadi imam tersebut diantaranya Kanisius Alvindo Radja Kia, Lucas Fransiskus Heruiktom Conterius, Robin Henderikus De Canosa Lopes, Vergilius Mandonsa, Wulfridus Arnoldus Astu Wungo, Dominikus E. Gultom, Emilianus Dungnga Koten, Engelbertus Seran, Ponsianus Ladung, dan Joao Martinho Enfein.
(BAP_NTT).

  • Bagikan