Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Buka Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem 161/WS, Kolonel Cpl. Simon, Pesan Begini

Kasrem 161/WS Kol. Cpl. Simon Petrus Kamlasi saat membuka kegiatan Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem 161/WS, Kolonel Senin (9/10/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi membuka pembekalan kader warga terlatih Ta.2023. Kegiatan ini dilakukan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela Negara, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, perlu dilakukan pembekalan dari awal, mulai tanggal 9-11 Oktober 202.

 

Korem 161/Wira Sakti menggelar Kegiatan Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem T.A 2023, dengan Tema “Kader Rakyat Terlatih Yang Patriot Dan Cinta Tanah Air”.

 

Kegiatan dilaksanakan di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti JL. W.Z., Lalamentik Oebufu Kota Kupang mulai tanggal 9-11 Oktober 2023.

 

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., yang diwakili oleh Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi
Membuka langsung Kegiatan Pembekalan Kader Warga Terlatih Tingkat Korem T.A 2023.

 

35 peserta hadir dan mengikuti kegiatan tersebut, terdiri dari 25 orang Putra dan 10 orang putri.

 

 

Mereka berasal dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 961/Rajawali Hitam, Undana, Satuan Menwa 962/ Jaguar Merah Politeknik Negri Kupang, Satuan Menwa 963/ Panca Sakti Poli Tani Negeri Kupang, Satpol PP Provinsi NTT, Security, Polisi Kehutanan, HIPAKAD, FKPPI.

 

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M dalam sambutan yang dibacakan kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Simon Petrus Kamlasi mengatakan, guna terwujudnya sistem pertahanan yang bersifat semesta, TNI AD melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial.

“Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan memberikan pembekalan kepada kader warga terlatih”, kata dia.

 

Kegiatan ini memiliki tujuan mulia. “Dengan memberikan pelatihan, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran dalam bela negara sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka pertahanan Negara”, tambah dia.

 

Ia meminta kepada kader warga untuk memahami, bahwa pelatihan ini bukanlah bentuk pelatihan kemiliteran atau militerisasi, tetapi merupakan pelatihan untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela negara.

 

“Sikap dan karakter yang dicirikan oleh adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan mental,” ujarnya.

 

Adapun materi yang diberikan adalah pemantapan jiwa nasionalisme, Pancasila sebagai ideologi negara, psikologi lapangan, pengetahuan kesehatan lapangan, navigasi darat, PPM, PBB, penanggulangan bencana, pengenalan materi Wanwil dan pengenalan drone.

 

“Kepada para peserta, saya berharap agar kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya guna menambah wawasan,” ujarnya.

 

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Tim Pusat Kolonel Inf Iwan Budiarso, S.Sos. Kasiter Kasrem 161/Wira Sakti Letkol Inf Augusto Moniz Lopes, para pelati dan pembina dari Korem 161/WS. (Penrem).

  • Bagikan