Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Hadiri Upacara HUT TNI, Pj. Gubernur NTT: “Saya Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-78 TNI”

Pj. Gubernur Ayodhia G.L. Kalake saat menyampaikan sambutan pada syukuran HUT ke-78 TNI.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia bertempat di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Kamis (5/10/2023).

 

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Upacara HUT TNI Ke-78, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC  menghadiri Syukuran HUT TNI Ke-78 di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT.

 

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTT, Saya mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-78 TNI. Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober 2023 lalu. Melalui Tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk senantiasa mengamalkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” Ungkap Ayodhia Kalake mengawali sambutannya.

 

“Saya berharap melalui momentum HUT ke-78 ini, TNI dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI dan terlibat aktif dalam mengawal kesuksesan Pemilu yang tertib, efektif-efisien, khususnya perihal anggaran, serta Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) Jujur dan Adil (JURDIL) di tahun 2024 nanti.” Ucap Ayodhia.

 

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan harapannya agar TNI dan ASN tetap menjaga netralitas, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan pemilu tahun 2024.

 

“Profesionalisme TNI telah secara konsisten diperlihatkan dalam pelaksanaan berbagai operasi, kegiatan, latihan dalam menjalankan tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan. TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam misi Perserikatan Bangsa-Bangsa ke berbagai negara untuk mewujudkan perdamaian dunia. Kesemuanya ini, yang telah secara konsisten dilaksanakan selama 78 tahun, telah membentuk TNI menjadi institusi yang disegani.” jelas Ayodhia.

Selanjutnya, Ia mengungkapkan bahwa sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang sangat kompleks. Perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global, telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru.

 

“Selain menghadapi kompleksitas tantangan ke depan, kita juga menghadapi berbagai tantangan sosial, ekonomi, kesehatan, lingkungan dan politik. Tetapi kita patut bersyukur karena sampai pada hari ini, pertumbuhan ekonomi dan kondisi inflasi kita secara nasional dan khususnya di NTT masih tetap positif dan cenderung menurun, berkat kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak”, tuturnya.

 

“Saat ini juga, kita sedang memasuki tahun Politik menuju Pemilu Tahun 2024. Saya mengajak seluruh komponen TNI di Provinsi NTT untuk terlibat aktif dalam menjaga kemanan dan situasi kondusif agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan damai dan sukses.” Harap Ayodhia Kalake.

 

“Akhir kata, Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap anggota TNI yang telah menjalankan tugas dan pengabdiannya dengan baik, khususnya di Provinsi NTT. Tingkatkan profesionalisme dalam bekerja agar semakin dicintai rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan menyatu bersama rakyat.” Kata Ayodhia mengakhiri sambutannya.

 

Bertindak selaku Komandan Upacara, Komandan Batalyon Infanteri 743/PSY Letkol Inf. Andri Karsa, S.Sos., M.Han. dan sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M.

“Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema *“TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”* , mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara  berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilihan Umum serentak tahun 2024.”

Demikian disampaikan oleh Panglima TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam amanat yang dibacakan oleh Komandan Batalyon Infanteri 743/PSY Letkol Inf. Andri Karsa, S.Sos., M.Han.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Oleh karena itu, TNI berkomitmen menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

 

Menutup amanat Panglima TNI Yudo Margono, disampaikan lima pedoman bagi TNI.

 

“Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas. Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI. Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk. Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum”, urainya.

 

Acara dilanjutkan dengan sejumlah atraksi oleh TNI dan Drum Band Turangga Polda NTT. Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Penganugerahan Bintang Bintang Jalasena Nararya. Dan Penganugerahan Satyalancana Kesetiaan kepada Prajurit TNI, pemberian bantuan bagi masyarakat serta diakhiri Devile oleh TNI, Polda NTT dan Perwakilan ASN. (BAP_NTT)

  • Bagikan