Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemuda Kembangkan Pantai Manikin, Ini Kata Bupati Kupang

Bupati Kupang Korinus Masneno saat menyampaikan sambutan pada acara malam puncak Manikin Sunset Festival 2023 (MSF) Sabtu (30/9/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – “Makan daging jangan lupa pakai sambal belimbing. Jangan lupa jagung bose pakai ikan kering. Selamat datang di Kampung Manikin dan jangan pernah lupa ketong orang Manikin”.

 

Demikian penggalan pantun yang disampaikan Panitia Ferrdrian Purmanto dalam laporannya, saat acara malam puncak Manikin Sunset Festival 2023 (MSF), yang dihadiri Bupati Kupang Korinus Masneno.

 

Kegiatan berlangsung di Pantai Manikin Kelurahan Tarus, Kabupaten Kupang, Sabtu (30/9/2023).

 

Pemuda Manikin bersyukur atas kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut, dalam acara yang digagas para pemuda Manikin.

 

Dia meminta kesediaan Bupati Kupang untuk melaunching aplikasi Si Tarus untuk kelurahan Tarus, serta menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba catur MSF 2023.

 

“Acara MSF sudah berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada puncak acara malam ini yang ditutup secara resmi oleh bapak Bupati. Kami pemuda Manikin ingin pantai Manikin bisa lebih dikenal masyarakat luas sebagai destinasi pariwisata dan menjamin bahwa pantai ini aman untuk dikunjungi,” kata dirinya.

 

Ia menjelaskan aplikasi “Si Tarus” memuat semua data tentang Kelurahan Tarus baik data penduduk, ekonomi, geografis, info kesehatan serta hal penting lainnya, sehingga memudahkan pencarian data.

 

Tak hanya itu, Pemuda Manikin juga membentuk Badan Usaha Milik Wilayah yang diberi nama “Perkumpulan Beta Manikin”.

 

Badan usaha ini nantinya ada perputaran ekonomi dimana melibatkan UMKM dalam kawasan wisata ini. Tentu sangat membantu para UMKM dalam peningkatan perekomian. Bahkan, pemuda Manikin juga melakukan kerjasama dengan East Nusa Tenggara.id dalam rangka membantu mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif pantai Manikin.

 

“Selain itu, bekerjasama dengan SMKN 1 Kupang khusus jurusan pariwisata untuk bantu promosi lokasi wisata ini ke kantor-kantor. Konsepnya nanti dirancang oleh kami, tugas mereka adalah bantu promosi. Jika kantor-kantor mau selenggarakan gathering bisa di lokasi pantai ini,” jelas dia.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno sangat mengapresiasi kerja kolaborasi pemuda Manikin Tarus.

 

Atasnama Pemerintah Kabupaten Kupang, Bupati menyampaikan terima kasih kepada para anak muda Kelurahan Tarus, atas inisiatif dan kerja kerasnya menggelar festival ini dalam rangka mempromosikan pariwisata, seni budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah.

 

“Kegiatan ini menjadi motivasi untuk menggerakkan kembali pariwisata di Kabupaten Kupang. Pemerintah akan terus mendukung peran serta semua pihak untuk membangun daerah ini. Saya pesankan kepada Kepala Dinas Pariwisata agar di tahun 2024, bangun kerjasama dengan Pemuda Manikin mengelola lokasi pantai ini menjadi lebih baik, sehingga destinasi pariwisata pantai Manikin makin ramai  dikunjungi. Di upayakan ada lapangan futsal. Sunset wisata pantai Manikin sangat indah. Para pengunjung bisa menikmatinya secara dekat,” urai Masneno.

 

Masneno menambahkan, Manikin kelurahan Tarus adalah dapurnya kota Kupang. Untuk sayur mayur seperti kangkung datangnya dari kelurahan Tarus.

 

“Penyanggah konsumsi kota Kupang termasuk di dalamnya penyanggah ekonomi pariwisata di daerah ini adalah wilayah Tarus. Dengan kerja kolaborasi dan kreatifitas anak-anak muda Manikin, saya percaya Pantai Manikin akan semakin dikenal. Saya berharap, festival ini menjadi agenda rutin setiap tahun,” kata Masneno.

 

Acara ini juga dikemas dalam Q & A (Question & Answer) bersama Stevano Adranacus seorang pengusaha muda, dengan salah satu usaha yang di milikinya ialah Hotel Sotis/Beer and Barrel Kitchen n Lounge Kupang.

 

Dalam kesempatan itu, dirinya membahas tentang membangun entepreneur muda di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan. Juga penampilan musik lagu-lagu tradisional NTT bersama fashionshow dari Komunitas Timor Creative People.

 

Hadir dalam acara ini Asisten III Sekda Kabupaten Kupang Novita Foenay, anggota DPRD Saktico Masneno. Kadis Pariwisata Kabupaten Kupang Piter Sabaneno, Kapolsek Kupang Tengah IPDA I Nyoman Gurina Mariana. Pengusaha Bobby Lianto, Tokoh Agama, Masyarakat Kelurahan Tarus dan sekitarnya, serta undangan lainnya. (Merc).

  • Bagikan