Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pj. Wali Kota Kupang Minta, Peserta STQ Siap Diri

Undangan dan Peserta saat pembukaan STQ tingkat Kota Kupang Selasa (25/7/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH., membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXVII Tingkat Kota Kupang Tahun 2023.

 

Kegiatan bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Kupang, Selasa (25/7) dengan tema “Meneguhkan Nilai Al-Qur’an Menuju Kota Kupang Yang Cerdas, Modern dan Religius”.

 

Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota menyampaikan harapannya melalui momentum ini para panitia bersama seluruh pihak yang terlibat dapat mempersiapkan anak-anak peserta STQ dengan baik agar selanjutnya dapat mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan bulan depan.

 

Menurutnya kemenangan dapat diraih melalui perencanaan dan persiapan berupa latihan-latihan yang pantang menyerah dan tidak pernah lelah.

 

“Tanpa perencanaan, masukkan dan nasihat dari para senior, Pendahulu dan juga para Pelatih maka akan sulit untuk mendapat juara. Oleh karena itu bersama panitia, juri dan hakim yang berpengalaman tentu akan mampu melahirkan Qori dan Qoriah yang luar biasa dan bisa mendapatkan prestasi terbaik, karena proses yang baik tidak mungkin mengkhianati hasil”, ujarnya.

 

Lebih lanjut George mengatakan, proses STQ ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al Qur’an.

 

Menurutnya, momentum religius ini juga diharapkan semakin mempererat semua lapisan masyarakat dalam sebuah ikatan silaturahmi, bukan hanya sebagai insan-insan ciptaan Tuhan yang bermartabat tetapi juga sebagai bagian dari warga Kota Kupang.

 

Harapannya, selain sukses terlaksana, STQ juga dimaknai sebagai ajang untuk menghasilkan calon-calon juara nantinya baik di tingkat daerah, nasional maupun di tingkat dunia.

 

Hal-hal terkait persiapan selalu ditekankan oleh Penjabat Wali Kota karena menurutnya persiapan yang matang akan mampu membentuk peserta yang biasa menjadi luar biasa.

 

Tak lupa Penjabat Wali Kota berpesan kepada panitia pelaksana bersama LPTQ dan para dewan hakim beserta tim pengawas dapat memperhatikan kualifikasi dan standar penilaian yang benar-benar obyektif dan transparan.

 

Kepada para peserta agar berusaha tampil secara optimal karena pasti yang terbaik yang akan terpilih menjadi duta dari Kota Kupang pada ajang seleksi tingkat provinsi yang akan datang.

 

Melalui laporan panitia yang disampaikan Abubakar Bajuri, S.Pd., dijelaskan, STQ tingkat Kota Kupang ke 27 tahun 2023 meliputi cabang Tilawatil Qur’an yang terdiri dari golongan anak-anak Qori dan Qori’ah serta cabang Hifdzil Qur’an yang terdiri dari golongan 1 Juz dan Tilawah Hafidz/Hafidzah dan golongan 5 Juz dan Tilawah Hafidz/Hafidzah. Keseluruhan peserta yang mengikuti STQ kali ini berjumlah 28 orang.

 

Turut hadir unsur Forkopimda Kota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad, MS., Perwakilan Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Kupang, Iskandar Kapitan, Perwakilan Kementerian Agama Kota Kupang, para Asisten Sekda serta Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang.
(PKP_chr)

  • Bagikan