Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

KASAD Resmikan Pengunaan Fasilitas air Bersih Se-Indonesia, Dandim 161/WS Ikuti Secara  Virtual

Dandim 161/WS Brigjen Febriel dan jajaran serta Staf Ahli Bupati Kupang Pandapotan Siallagan mengikuti peresmian fasilitas air bersih oleh KASAD Jend. Dudung secara virtual Selasa (25/7/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. H Dudung Abdurachman, S,E., M.M meresmikan pengunaan fasilitas air bersih Program TNI AD Manunggal Air di desa Sumlili Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), secara virtual Selasa (25/7/23).

 

Peresmian fasilitas tersebut diikuti Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M.

 

Selain fasilitas air bersih di Kabupaten Kupang, KASAD Jenderal TNI Dr. H Dudung Abdurachman, S.E., M.M meresmikan titik sumber air TNI Manunggal Air TA 2023 di seluruh Indonesia secara simbolis.

 

Dalam sambutannya, Jenderal Dudung Abdurachman, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam peresmian Pompa Hidram Program TNI AD Manunggal Air Bersih dalam keadaan sehat walafiat.

 

Ia menegaskan, ada perintah dari Presiden RI yang harus dilaksanakan pasca Covid – 19 dimana banyak yang terdampak masalah ekonomi dan kesehatan.

 

“Oleh karenanya, pesan beliau (Presiden RI) kepada saya, yang pertama kesejahteraan rakyat Indonesia untuk membantu Pemerintah Daerah karena tugas pokok TNI AD adalah membantu pemerintah Daerah. Yang kedua, kesejahteraan prajurit. Maka sejak menerima perintah itu saya sampaikan kepada seluruh jajaran TNI AD melalui breafing pada saat saya menjabat”, ucap Jendral Dudung.

 

“Ada 7 perintah harian KASAD yang menyentuh secara langsung kepada rakyat yaitu yang kelima dan ke enam. Yang kelima itu TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi. Yang keenam TNI AD harus berdampak dimanapun bertugas sesuai jati diri TNI AD, Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Profesional. TNI berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Saya sampaikan kepada jajaran kalian harus dicintai oleh rakyat mu tetapi kalian harus lebih mencintai rakyatmu”, ucap KASAD.

 

Ia menyebut, program-program yang dicanangkan baik ketahanan pangan bahwa lahan-lahan TNI AD yang begitu luas saya perintahkan ditanam kemudian hasil nya masyarakat yang terdampak Covid- 19. Akhirnya program ini dinasionalisasi sehingga menjadi program TNI AD, karena air merupakan sumber dari segala sumber kehidupan.

 

“Mari kita bersama-sama untuk membangun rakyat ini, karena rakyat ini sangat bergantung kepada kita, berangkat dari ketulusan keihlasan kemuliaan. Program manunggal air adalah program TNI AD. Mudah-mudahan kedepan kita akan semakin makmur rakyat Indonesia cinta kepada Bangsa, bela kepada Bangsa berwawasan kebangsaan yang begitu kuat sehingga apapun menjadi tantangan yang kita halau bersama baik TNI maupun rakyat”, ungkap Jendral Dudung.

 

Selesai rangkaian kegiatan KASAD berkesempatan menyapa langsung kepada masyarakat yang mendapatkan dampaknya air bersih di berbagai daerah di seluruh indonesia dengan menggunakan bahasa daerah masing masig. Di NTT ada dua lokasi yang di sapa oleh KASAD yaitu Kodim 1618/TTU dan Kodim 1604/Kupang. Kegiatan ini berjalan dengan hikmah dan antusias masyarakat di berbagai wilayah sangat bersemangat.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasiter Kasrem 161/WS Letkol Inf Augusto M Lopez. Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Wiwit Jalu Wibowo. Dandenkesyah 09-04-01/Kupang Letkol Ckm dr. Boy Ramurthi, M.A.R.S. Kajari Kabupaten Kupang, Kepala Desa Sumlili dan para tokoh agama, tokoh masyarakat beserta masyarakat Desa sumlili. (Penrem).

  • Bagikan