Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lomba Mini Garden, Dimulai

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Lomba mini garden di kota Kupang dimulai, setelah Pj. Wali Kota Kupang melaunching kegiatan tersebut di Kebun Taffa, Kelurahan Fatukoa, kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Sabtu (8/7/23).

 

Lomba yang digagas Pemkot Kupang itu bekerja sama dengan Harian Umum Pos Kupang dan Geng Motor Imut serta sejumlah stakeholder terkait.

Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota Kupang menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah berani memulai program ini.

Dia mengakui, meski masih skala kecil namun dampaknya sangat baik bagi masyarakat Kota Kupang.

 

“Kita akan membuat sejarah untuk kota ini dengan bergerak bersama,” ujarnya.

 

Secara khusus ucapan terima kasih disampaikannya kepada Harian Umum Pos Kupang yang sudah mengkoordinir kegiatan ini.

Dia menjelaskan kenapa Pemkot memilih berkolaborasi dengan media, karena media lewat pemberitaan dapat membantu pemerintah mengedukasi masyarakat untuk berpikir maju dan bekerja secara kolaborasi. Terima kasih juga disampaikan kepada Geng Motor Imut yang berani tampil beda, tidak seperti geng motor pada umumnya, dengan membuat hal yang positif untuk pembangunan, mengajak semua orang untuk menjadikan hal yang biasa menjadi luar biasa.

Pada kesempatan yang sama George juga minta kepada para camat dan lurah yang wilayah kerjanya berada di jalur utama, untuk memanfaatkan ruang-ruang kosong menjadi mini garden.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan juga diminta untuk bersurat kepada pihak perbankan atau badan usaha yang berada di jalan-jalan utama untuk membuat mini garden juga.

 

Manajer Promosi dan EO Pos Kupang, Bimo Haryojudanto, menjelaskan Lomba Mini Garden ini berawal dari ide Penjabat Wali Kota untuk mempercantik Kota Kupang, lalu coba dikreasikan oleh Pos Kupang bersama Geng Motor Imut menjadi perlombaan yang menarik minat masyarakat untuk terlibat.

 

Target mereka tiap kecamatan di Kota Kupang mengirim 4 kelurahan sebagai peserta lomba, sehingga total peserta lomba 24 kelurahan. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada kelurahan atau perorangan yang juga ingin ikut serta dalam lomba mini garden.

 

Tanaman yang dilombakan tidak hanya tanaman hias tapi juga tanaman pangan dan tanaman obat.

 

Harapannya setelah lomba selesai kegiatan berkebun akan terus berlanjut.

 

Lomba berlangsung sejak 8 Juli – 15 Agustus 2023 pemenang diumumkan.

 

Anggota Geng Motor Imut, Donald Manggi menyatakan dukungan mereka atas kegiatan ini.

Menurutnya nama imut merupakan singkatan dari inovasi, mobilisasi untuk transformasi.

 

Diakuinya salah satu sektor yang mendapat perhatian mereka adalah sektor pertanian.

 

Salah satu aktivitas rutin mereka adalah sekolah jalanan, yakni memberikan edukasi yang konteksnya bermanfaat seperti penggunaan energy terbarukan dan pertanian.

 

“Lewat lomba ini kami ingin mengedukasi warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Geng Motor Imut siap memberi diri membantu masyarakat melakukan pendampingan”, pungkasnya.

 

Hadir dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH. Para pimpinan perangkat daerah serta para camat dan lurah se-Kota Kupang. (PKP_ans).

  • Bagikan