Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemkot Kupang, Gelar IKM

Pj. Wali Kota Kupang G.M. Hadjoh saat membuka kegiatan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Selasa (4/7/23.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Guru Penggerak Angkatan 3 Kota Kupang menyelenggarakan kegiatan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Selasa (4/7/23).

 

Kegiatan berlangsung di bawah tema “Kota Kupang Bersatu Sukseskan IKM Dengan Prinsip Gotong-Royong” melalui pelatihan bersertifikat yang melibatkan guru Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama baik Negeri maupun swasta.

 

Pj. Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH. Saat membuka kegiatan tersebut Senin (3/7) di Aula SD Katolik Chanossa Kupang meminta agar para Pengajar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk mempercepat pencapaian mimpi dalam membangun masa depan khususnya dunia pendidikan.

 

Hal ini selaras dengan salah satu tujuan yaitu meningkatkan pemahaman terhadap pemanfaatan _platform_ merdeka mengajar bagi peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, sebagai bagian dari upaya yang sistematis.

 

“Harapan kita semua dengan pelaksanaan kegiatan tersebut Peserta mampu memahami dengan baik IKM serta pemanfaatan aplikasi Platform Merdeka Mengajar bagi sekolah-sekolah yang telah mendaftar sebagai pelaksana IKM secara mandiri”, ujarnya.

 

Menurut George, pendidikan merupakan satu-satunya lembaga yang bertanggungjawab dan berperan penting dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) seperti nadi dan jantung pada tubuh manusia.

 

“Sebagai contoh negara maju menjadi hebat karena sektor pendidikan sangat di perhatikan dan didorong kemajuannya dengan sungguh-sungguh”, kata dia.

 

Lebih lanjut George menandaskan, sebagai guru Penggerak maka harus memiliki hati seorang hamba bagi para murid. Sehingga para guru harus melayani murid dengan baik karena kelak di masa yang akan datang mereka diharapkan mampu membawa perubahan, kemajuan dan kesejahteraan untuk negeri ini.

 

“Oleh karena itu, baik dalam metode mengajar, penalaran, Pengambil keputusan dan dalam memperbaiki diri harus dipersiapkan secara luar biasa bagi para murid”, ujarnya.

 

Dirinya juga berpesan agar semua pihak yang berperan dalam kemajuan pendidikan di Kota Kupang untuk terus bergerak dengan gotong-royong serta saling berkolaborasi satu sama lain.

 

Peningkatan kompetensi dan kapabilitas guru juga menjadi fokus utama George saat awal dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Kupang, karena menurutnya hal tersebut akan mampu menghasilkan kualitas dan mutu pendidikan yang baik.

 

“Saya juga meminta agar Dinas Pendidikan dapat mendorong guru-guru muda agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi supaya terjadi peningkatan kompetensi guru serta cara berpikir untuk berubah menjadi lebih maju. Kuncinya adalah bekerja keras dan bekerja bersama-sama dengan Tuhan maka kita pasti berhasil,” pesannya.

 

Mengakhiri sambutannya, Penjabat Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kegiatan tersebut.

 

“Saya menyampaikan limpah terima kasih kepada semua kepala sekolah dan guru yang telah mengambil bagian dalam sesi penguatan IKM. Ini menurut saya adalah suatu upaya yang kita tidak boleh sia-siakan, apabila kita mau meninggalkan _legacy_ bagi anak-anak kita”, ungkap George.

 

Turut hadir Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTT, Wirman Kasmayadi. Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Oktovianus Naitboho, S.Pd., M.Si. Perwakilan Penerbit Intan Pariwara, para Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Kupang serta para guru. (PKP_chr)

  • Bagikan