Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Beri Sambutan Pada HUT ke-77 Polri, Bupati Kupang Sampaikan Ini !

Bupati Kupang Korinus Masneno saat menyuapi Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata kue ultah pada peringatan HUT ke -77 Polri Sabtu (1/7/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke -77 untuk Polri.

 

Masneno berharap, kehadiran Polri semakin memperkuat semangat kebangsaan di tengah-tengah masyarakat, seraya memberikan dukungan bersama dalam membangun masyarakat Kabupaten Kupang yang maju dan sejahtera.

 

Hal tersebut disampaikannnya saat menghadiri Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77 Polres Kupang, Sabtu (1/7/23) di Aula Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi.

 

Sebelumnya dilaksanakan Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 77 bertempat di lapangan Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi dan diikuti oleh Pejabat dan personel Polres Kupang, Unsur TNI serta tamu undangan lainnya.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno menyampaikan terima kasih yang tulus baik kepada Kapolri dan Jajaran hingga Kapolda NTT dan Kapolres Kupang yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

“Terima kasih atas pelayanan terbaik Polri kepada masyarakat, khususnya kepada Polres Kupang yang telah mengayomi dan membimbing masyarakat Kabupaten Kupang yang aman dan kondusif. Kami juga sangat bangga karena kali ini Upacara Hari Bhayangkara ke 77 dan syukuran dilaksanakan di Kantor Bupati Kupang, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami,” Ungkap Bupati Masneno.

 

Ia menambahkan, di Usia ke 77 Tahun ini, tentunya Polri telah membangun benteng-benteng yang tangguh untuk sama-sama membimbing masyarakat Kabupaten Kupang menjadi masyarakat yang kuat, tangguh dan lebih baik.

 

Dirinya meyakini, kerjasama Pemerintah dengan Polri sangat dibutuhkan dalam membangun masyarakat Kabupaten Kupang. Bahkan dirinya memohon dukungan TNI dan unsur Forkompimda lainnya untuk sama-sama bergandengan tangan membangun masyarakat Kabupaten Kupang ke arah yang lebih baik.

 

Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata dalam sambutannya menyatakan Polri selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan siap membangun masyarakat menjadi lebih baik.

 

Polri jelasnya menjadi Pelindung, Pengayom masyarakat, sejalan dengan visi misi Polri yang presisi dan menjadi pilar Perekat NKRI bersama TNI dan Pemerintah.

 

“Peringatan Hari Bhayangkara ini menjadi titik balik peringatan perjuangan para Pendahulu yang telah membangun Polri, dimana sejarah mencatat bahwa setiap tanggal 1 Juli menjadi hari Lahir Polri”, kata dia.

 

Menceritakan sejarah Kepolisian, Kapolres Kupang Anak Agung Gde menyampaikan Korps Polisi terbentuk dengan turunnya Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 1946 tanggal 1 Juli 1946, dengan penyatuan Korps Kepolisian dari daerah-daerah di Indonesia dijadikan satu kesatuan secara Nasional.

 

Sementara sebutan Bhayangkara dijelaskannya, merupakan nama yang digunakan Pati Gadjah Mada pada zaman Majapahit untuk menamai pasukan yang bertugas menjaga raja dan kerajaan.

 

Kepolisian sendiri sudah ada sejak masa kolonial Belanda tahun 1897 hingga 1920 terjadi pembentukan kepolisian modern dan menjadi cikal bakal pembentukan kepolisian hingga saat ini.

 

Pada awalnya kepolisian berada di Kementerian Dalam Negeri dengan nama jawatan kepolisian negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sementara tanggung jawab operasional pada Jaksa Agung. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1946 dengan penetapan Pemerintah No 11 Tahun 1946 jabatan kepolisian Negara bertanggung jawab kepada Perdana Menteri.

 

Dengan bertambahnya usia Polri, diharapkan meningkat profesionalitas Personel dan kualitas pelayanan publik.

 

Hal ini penting karena perkembangan dimasyarakat semakin dinamis dan pola kehidupan semakin kompleks.

 

Menurut dia, Polri sebagai mitra prestasi Pemerintah dalam pelayanan publik, dituntut agar semakin konsisten dalam melaksanakan tugas pokok secara profesional dan proporsional.

 

Saat ini Polri juga melakukan optimalisasi pemanfaatan teknologi dalam rangka melakukan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat Indonesia termasuk pengurangan proses interaksi yang berpotensi penyimpangan serta meningkatnya PNBP melalui Polri.

 

Anak Agung menambahkan, Polri juga melalui Polda NTT pada tanggal 12 Maret 2023 telah melaunching program Gerakan Orang Tua Asuh anak Stunting yang menunjukkan kepedulian dan belas kasihan Polri dengan rakyatnya untuk mendukung kehidupan sehat dan dinamis.

 

“Hal lainnya terkait keamanan, kesehatan, ekonomi dan lainnya serta mengawal kebijakan Pemerintah dalam mewujudkan transformasi ekonomi menuju Indonesia maju, Indonesia Emas 2045”, pungkasnya.

 

Turut Hadir pada kegiatan Syukuran HUT Bhayangkara ke 77 tersebut Ketua Pengadilan Negri Kabupaten Kupang Erianto Siagian. Danbrigif 21 Komodo Kolonel Inf. Samsul Huda. Wakapolres Kupang Kompol Yulianus Lau, Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pdt. Yunus Kay Tulang bersama unsur FKUB. Ketua MUI Kabupaten Kupang H. Jamal Mustafa, Plt. Sekda Rima K.S. Salean. (IH).

  • Bagikan