Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

ASN Lingkup Setda Kabupaten Kupang, Dukung Penanganan Stunting

Staf ahli Bupati Marten Rahakbaw saat menyeragkan bantuan kepada anak-anak Stunting diterima orangtua Selasa (13/6/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – ASN lingkup Pemkab Kupang ikut mendukung
Gerakan Orang Tua Asuh dalam penanganan Stunting di wilayah itu.

 

Tak ketinggalan ASN lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Kupang yang berbagi kasih di Kecamatan Nekamese tepatnya di Desa Oelomin, Selasa (13/6/23).

Staf Ahli Bupati Kupang Marthen Rahakbauw dalam sambutannya menyatakan Pemerintah Kabupaten Kupang gencar menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang. Salah satu program yang dicanangkan Bapak Bupati Kupang ialah gerakan orang tua asuh oleh OPD terkait, berkolaborasi dengan TNI-Polri.

 

“Semoga dengan kerja kolaborasi lintas sektor ini mampu menurunkan angka stunting di kabupaten Kupang. Dimana, menurut presentasi tingkat nasional tahun 2024, kabupaten Kupang harus mencapai 9,3% dengan target bulan Agustus tahun ini bisa mencapai 11%”, ujar Staf Ahli Bupati Kupang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Marthen Rahakbaw.

 

Jika dilihat, potensi sumber daya alam yang ada di kecamatan nekamese ini cukup besar. Karena itu, melalui camat, kades hingga PLKB serta tenaga gizi, Marthen berpesan untuk terus berkolaborasi bersama pemerintah dan TNI/Polri dalam menanggulangi stunting di kabupaten Kupang, khususnya di kecamatan Nekamese.

 

“Ini masih tahap pertama, dan akan ada tahap-tahap selanjutnya. Bantuan ini akan diberikan tepat sasaran. Dengan jumlah pegawai serta TNI/Polri sebanyak 275 orang di kecamatan Nekamese, jika dibagi dengan baik maka masing-masing anak stunting disini memiliki orangtua asuh”, ujar dia.

Marthen Rahakbaw berharap, agar stunting di Nekamese bisa turun.

“Yang kemarinnya 20-an persen kini bisa menjadi belasan persen kiranya tahun depan bisa mencapai nol persen. Semua dari pola asuh serta pola asupan anak-anak kita. Pemberian ASI juga harus ekslusif dan perlu diperhatikan. Tahap berikutnya kita akan langsung datang ke pustu”, tutupnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Gerakan Orangtua Asuh kepada 43 anak stunting di kecamatan Nekamese.

Turut hadir, Staf Ahli Bupati Kupang Bidang Kemasyarakatan dan SDM Paulinus Ati. Asisten Administrasi Umum Novita Foenay. Para Kabag diantaranya Kabag Umum Jon Sula, Kabag Hukum Jane Paoh, Kabag Perencanaan Yared Tamoes. Kabag PBJ Mess Foeh, Kabag Administrasi Pembangunan Paul Liu. Kabag Otda Eli Teuf, Kabag Ekonomi Joppy Nau. Camat Nekamese Josua Bora’a dan Kades Oelomin Yeheskial Ablelo dan 43 anak stunting didampingi para orangtua. (NH).

  • Bagikan