Anak Stunting di Kupang Barat, Terima Bingkisan Dari Pangdam IX/Udayana

  • Bagikan
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M, memberikan bingkisan kepada anak Stunting Jumat (19/5).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M didampingi Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang,.S.H., M.M meninjau Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Kodam IX/Udayana di Wilayah Korem 161/Wira Sakti, Jumat (19/05/2023) di Desa Sumlili, Kec Kupang Barat, Kab Kupang.

 

Usai pengenaan Topi Khas Rote Ndao (Ti’i Langga) dan tarian penyambutan , Pangdam IX/Udayana menerima penjelasan dari Dandim 1604/Kupang tentang Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Kodam IX/Udayana di Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

 

Kemudian melaksanakan peninjauan rumah RTLH, memberikan bingkisan kepada anak stunting dan memberikan bantuan Al Kitab dan Al Qur’an kepada tokoh agama Desa Sumlili.

 

Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Kodam IX / Udayana di Wilayah Korem 161/Wira Sakti yang menjadi program unggulan KASAD.

 

“Pada masa Pangdam IX/Udayana, saat itu Mayjend TNI Maruli Simanjuntak, M.SC dan saat ini beliau Pangkostrad telah memprakarsai pembuatan pompa hidram dan sumur bor sebanyak 227 titik di Wilayah Bali, NTB dan NTT. Kemudian pada masa kepemimpinan saya ini melanjutkan pembangunan pompa hidram sejumlah 117 titik di Wilayah Bali, NTB dan NTT. Pada akhir tahun 2022, kami terus mencari titik air lagi, tetapi ketersediaan air baku dipermukaan untuk kita naikkan, itu sangat terbatas. Kemudian diawal Tahun 2023, kami membuat program pembangunan RTLH sejumlah 108 rumah di Bali, NTB dan NTT,” jelas Pangdam IX/Udayana.

 

Pangdam IX/Udayana menyampaikan latar belakang diprakarsainya Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Kodam IX/Udayana di Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

 

“Kami, Pangdam IX/Udayana bersama Danrem 161/Wira Sakti, membuat gagasan untuk menjadikan satu Program Unggulan Binter TNI AD Bapak KASAD, menjadi satu miniatur supaya mendapatkan gambaran utuh bahwa Program Bapak KASAD itu bila dijadikan satu, maka akan seperti di Desa Sumlili ini, yaitu Pembangunan 45 unit RTLH Praja Raksaka Peduli Rakyat, Ketahanan Pangan, penanganan Stunting, Kampung Pancasila dan E Praja Raksaka, Babinsa Masuk Dapur, TNI Manunggal Air,” ungkap Pangdam IX/Udayana.

 

Pangdam IX/Udayana berharap, kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan memberikan stimulan/merangsang pihak lain untuk turut serta berperan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat.

 

“Pada tahap awal ini baru dibangun 45 unit RTLH, sambil berjalan kami mengajak kepada Perbankan Pemerintah dan lainnya untuk menyalurkan CSR nya, sehingga secara bertahap akan mencari sasaran masyarakat yang lain. Kami berharap apa yang kami kerjakan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, walaupun apa yang kami lakukan ini sangat kecil, sesuai dengan batas kemampuan kami,” ungkap Pangdam IX/Udayana.

 

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana menyampaikan dipilihnya Desa Sumlili sebagai Miniatur Program Unggulan Binter TNI AD Kodam IX Udayana di Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

 

“Kami memilih desa Sumlili karena relatif dekat dengan Kota Kupang, yang situasi kondisi masyarakatnya sangat perlu mendapat bantuan dari kita semua.
Kemudian tujuannya, disamping dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, juga untuk menjadi stimulan dan merangsang pihak lain untuk bisa lebih peduli lagi kepada masyarakat NTT,” ungkap Pangdam IX/Udayana.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti dan Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana.

 

Hadir juga dalam kegiatan ini Unsur Pemerintah Kecamatan Kupang Barat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, masyarakat penerima manfaat pembangunan rumah RTLH, Masyarakat Stunting, dan sejumlah undangan lainnya. (penrem)

  • Bagikan