Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang, Launching Gerakan Orangtua Asuh, Dampingan Dinas Pertanian

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno secara resmi membuka kegiatan Launching gerakan orangtua asuh balita stunting di Kecamatan Amarasi.

 

Ini merupakan dampingan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang.

 

Kegiatan bertempat di Puskesmas Oekabiti, Jumad (28/4/2023).

 

Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan, gerakan orangtua asuh merupakan gerakan  terobosan yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah dengan melibatkan stakeholder terkait.

 

Hal ini dilakukan dalam membantu balita-balita stunting dalam hal pemenuhan nilai gizi yang dianggap penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak/balita stunting.

 

Menurut dia, Gerakan ini dimulai dengan kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada bayi/balita stunting.

 

“Pemberian makanan tambahan ini diharapkan membantu menurunkan angka stunting di Kecamatan Amarasi. Untuk wilayah kecamatan Amarasi sendiri berdasarkan hasil pengukuran status gizi pada bulan timbang Februari 2023, jumlah balita dengan kategori stunting sebanyak 212 anak,” jelas Masneno.

 

Bupati Masneno menambahkan, pengentasan stunting harus dilakukan secara terpadu serta butuh komitmen kuat dari semua stakeholder, dengan penanganan secara baik, terukur, terarah, agar bisa membangun masa depan generasi yang unggul dan berdaya saing.

 

Kapolres Kupang, AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata menjelaskan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat di Kecamatan Amarasi.

 

“Saya butuh dukungan dan bantuan segenap pihak termasuk masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas di Kecamatan Amarasi. Tetap menjaga hubungan harmonis dan saling tukar informasi untuk keamanan dan ketertiban masyarakat,” harapnya.

 

Ia berterima kasih kepada Bupati Kupang yang selalu mendukung tugas Kepolisian dalam menjaga situasi aman di masyarakat.

 

Tentang gerakan orangtua asuh balita stunting dampingan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Kepala Dinas Amin Juariah melaporkan,
pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di satu kelurahan dan 8 desa yang terdapat di Kecamatan Amarasi pada bulan April hingga desember 2023.

 

Rincian kegiatannya antara lain pemberian PMT kepada 212 balita stunting, pemberian benih sayuran dan anakan kelor. Sosialisasi pola konsumsi pangan buah dan sayuran serta gerakan lahan intensif untuk keragaman pangan dan edukasi. Pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman yang disebut dengan gerakan Like B2SA.

 

Acara ini ditandai dengan Penyerahan paket makanan tambahan secara simbolis kepada 10 anak balita stunting di Kabupaten Kupang oleh Bupati, Wakil Bupati dan Kapolres Kupang.

 

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kadis Kesehatan Robert Amaheka. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kupang Juhardi Selan dan Camat Amarasi Maher Ora. (Merc).

  • Bagikan