Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang, Minta Para Kades, Gunakan Daña Desa Secara Baik

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno ketika membuka Workshop “evaluasi peñgelolaan keuangan dan pembangunan desa Tahun 2023 di kabupaten Kupang” yang berlangsung di aula kantor Bupati meminta para Kepala Desa (Kades) menggunakan dana desa secara baik.

 

“Pemerintah desa wajib menginformasikan APBDesa serta laporan pertanggungjawaban realisasi anggaran kepada seluruh masyarakat desa. Tentu saja melalui sarana sarana informasi publik yang ada di desa seperti papan informasi desa, baliho. Dan informasi terakhir yang saya dapat Kepala Desa manfaatkan media cetak yang ada di kabupaten Kupang”, kata dia Kamis (13/3).

 

Terkait dengan tata cara pengelolaan administrasi desa Masneno mengatakan, jangan sampai terjadi keterlambatan dalam rencana kerja, seiring dikucurkannya alokasi dana desa setiap tahunnya.

 

“Saya kira dana desa untuk kabupaten Kupang sudah…. dan saya kemarin pantau yang baru mencairkan untuk tahap pertama itu saya ingatkan para Camat, masih sangat sedikit”, ujarnya.

 

“Itu kaitannya dengan penegasan saya. Laporan pertanggungjawaban kepada saya kalo tidak masuk, saya tidak mengijinkan untuk pencairan”, tegas dia.

 

Ia minta para camat untuk memperhatikan laporan pertanggungjawaban dana desa oleh para Kades.

 

“Camat itu kalo kita di kabupaten adalah Bupati. Camat punya OPD itu para Kades. Mencairkan dana pake itu dasar cair cair akibatnya laporan pertanggungjawaban belum masuk. Saya kira itu tanggung jawab para camat”, jelasnya.

 

Menurut dia kegiatan Workshop evaluasi peñgelolaan keuangan dan pembangunan desa merupakan forum penting bagi para Kades untuk mendiskusikan banyak hal dengan para pemangku kepentingan.

 

Anggota DPD RI Hilda Manafe mengatakan, penadampingan dalam perencanaan anggaran harus dilakukan sejak awal.

 

“Jangan sudah jadi masalah baru pihak terkait masuk. Dampingi sejak perencanaan”, pungkas dia.

  • Bagikan