Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pimpin Rapat Evaluasi, Bupati Kupang Ajak Semua Pihak, Waspadai Bencana Hidro Meteorologi

Kontributor : NH_ Editor: Redaksi
Bupati Kupang Korinus Masneno memimpin rapat Evaluasi Selasa (3/1/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Korinus Masneno menekankan agar selalu waspada karena sesuai prediksi BMKG kondisi curah hujan yang tinggi masih terus berlanjut.

 

“Ini belum berakhir baik angin maupun curah hujan. Curah hujan yang besar membuat banjir dimana-mana jadi butuh kewaspadaan,” tegasnya saat memimpin rapat evaluasi dan penguatan penanganan bencana Hidro meteorologi di ruang rapat Bupati Kupang Selasa, (3/1/2023).

 

Sebagai Bupati Kupang, Korinus sangat membutuhkan dukungan dari para pimpinan OPD termasuk Forkopimda Kabupaten Kupang dan LSM/NGO agar lebih peka dengan masyarakat yang terkena banjir.

 

“Urusan kemanusiaan di Kabupaten Kupang menjadi urusan kita semua tanpa terkecuali. Ini harus menjadi kesepahaman kita semua. Kapan lagi kita abdikan diri kita bagi masyarakat kita. LSM saja turun tangan,” tegasnya.

 

Melihat kerja kolaboratif yang terjadi saat ini atas nama Pemkab Kupang, Masneno mengucapkan terima kasih karena baginya kolaboratif ini tidak mudah. Seperti kejadian di Manubelon, Naikliu, dan Bioba Baru, Takari, dan Oelatimo, dirinya tidak mau membeda-bedakan mana jalan provinsi dan kabupaten. Dengan adanya posko, dia menegaskan agar managemennya tidak tumpang tindih dan tidak hanya fokus pada daerah-daerah tertentu saja. Para camat juga diperintahkan untuk kembali mengecek lokasi rawan bencana dan buat pemetaan bencana bila terjadi dimana jalur evakuasinya jika bencana terjadi.

 

Sesuai data saat ini bencana di Kabupaten Kupang kata Bupati berdampak pada 2.773 jiwa. Harus ada koordinasi dari Camat hingga Kades, agar membangun kordinasi dangan masyarakat sehingga tidak menimbulkan persoalan dilapangan.

 

Perwakilan BNPB Pusat, Kepala Sub Direktorat Fasilitasi BNPB Gatot Satria Wijaya mengatakan, kehadiran mereka untuk memberikan penguatan juga ikut membantu penanganan tanggap darurat di Kabupaten Kupang.

 

“Bajir yang terjadi ini pemerintah Kabupaten telah menetapkan status tanggap darurat, ini artinya posko sudah berjalan dan juga Forkopimda di Kabupaten Kupang benar-benar menangani bencana di Kabupaten Kupang,” ujarnya.

 

Penetapan Posko ini sesuai dengan perintah Undang-Undang dan juga perintah Presiden RI hingga BPBD setempat. Untuk itu, Posko yang sudah ada telah melakukan tugasnya memetakan cakupan lokasi, mendata para korban baik luka-luka dan meninggal, memberikan pemenuhan kebutuhan dan evakuasi serta perlindungan posko bencana.

 

“Tentunya telah dilakukan manajemen sesuai arahan Presiden, dilakukan dengan adanya posko untuk mencapai target dan tidak ada tumpang tindih bantuan karena bantuan itu harus diberikan satu arah. Lakukan berita acara agar menjadi tugas BPBD dalam penyaluran bantuan,”  tegasnya.

 

Dia berharap, pemerintah juga memberikan tempat hunian sementara bagi masyarakat mengingat saat ini masih dalam masa status tanggap darurat selama 14 hari. Dan kiranya penanganan ini bisa berjalan dengan baik.

 

Kalak BPBD Kabupaten Kupang Semmy Tinenti mengatakan, Pemkab Kupang sejak menetapkan tanggap darurat bencana telah mengeluarkan dana sebesar 800 juta diantaranya 300 juta untuk upaya tanggap darurat evakuasi logistik, sementara 500 juta untuk upaya tanggap darurat infrastruktur serta air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan lokasi pengungsian.

 

Semmy juga menjelaskan, pemerintah saat ini tidak sendiri, banyak bantuan mulai berdatangan dan sementara tertampung di pos komando bencana Kabupaten Kupang. Sesuai dengan kondisi masyarakat terdampak bencana, lebih diperhatikan lagi bantuan bagi ibu hamil, bayi dan orangtua. Selain itu juga warga yang terdampak juga butuh perlengkapan sandang, pangan dan papan yang saat ini merupakan kebutuhan mendesak.

 

“Diharapkan bantuan yang mau disalurkan dilaporkan ke BPBD agar tidak menjadi mubasir. Kami sudah menghimbau kepada semua stakeholder agar bisa terlebih dahulu mengumpulkan bantuan di posko,” ungkap Semmy.

 

Semmy melaporkan, ada beberapa jenis bencana yang terjadi yakni banjir yang tidak hanya mengakibatkan rumah dan fasilitas umum terendam hingga ambruk melainkan membuat jembatan rubuh. Dari data terakhir yang diambil dilapangan ada 15 desa kelurahan yang terkena dampak bencana.

 

“Desa kelurahan terdampak yakni desa Oebelo, Desa Oebola, Desa Naitae, Desa Tuakau, Desa Tunbaun, Desa Tanah Putih, Desa Nunkurus, Desa Benu, Desa Pariti, Desa Bipolo, Desa Bioba Baru, Desa Manubelon, Kelurahan Naikliu, Kelurahan Takari, dan Kelurahan Camplong I. Sehingga total ada 598 unit rumah yang terendam banjir, 7 unit rumah rusak ringan, 30 unit rusak berat, dengan 2.773 jiwa yang terdampak dan 115 jiwa diantaranya harus mengungsi. Sementara hingga saat ini baru satu korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Kupang yakni di desa Benu Kecamatan Takari yang terseret banjir”, jelas dia.

 

“Berkaitan dengan masyarakat terdampak kami ucapkan terima kasih kepada TNI dan polri yang telah membantu evakuasi”, tambahnya.

 

Kejadian yang sama juga terjadi di  Fatuleu Barat yang menyebabkan pengungsian di desa Naitae dan Tuakau. BBPBD juga mengambil langkah tanggap darurat, dengan bantuan logistik dan memafsilitasi bantuan dari beberapa pihak ke sana.
Untuk penanganan, pemkab Kupang telah menetapkan status tanggap darurat sejak 25 Desember 2022 sampai 7 Januari 2023.

 

“Kami lakukan Evakuasi masyarakat di tanggal 25 Desember, saat kejadian sudah lansung dievakuasi termasuk barang-barang di rumah. Tapi saat tidak hujan mereka balik lagi ke rumah. Pada tanggal 29 , bebarengan dengan kejadian di Naitae, kami kembali ke Takari bersama TNI Polri evakuasi mereka lagi karena banjir. Dan mengungsi ke rumah keluarga yang aman. Di Naitae, kami buka posko di kantor desa dan dukungan TNI untuk membuka dapur umum,” paparnya.

 

Kemarin 2 Januari 2023 BPBD sebelum kembali dari Naitae juga memberikan penguatan karena secara psikologi masyarakat mulai kuatir tentang rumah dan makan minum kedepan. Dan ini bukan tanggung jawab BPBD saja tapi semua pihak juga ikut andil di sana.

 

Khusus untuk angin kencang wilayah Amarasi Timur dan Amabi Oefeto Timur beberapa rumah terdata rusak dan dari hasil pemantauan, ada kebutuhan pokok yang harus disalurkan kepada mereka.

 

Koordinator Bidang Data Analisa dan Observasi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) NTT, Fera Adrianita memprediksi akan terjadi hujan ringan sampai lebat hingga 7 hari kedepan. Sesuai analisis mereka saat ini sudah musim penghujan dan hujan bisa terjadi kurang dari sejam tetapi dengan intensitas yang tinggi.

 

“Masih dalam bulan ini gelombang tinggi diperkirakan sekitar 2,5 sampai 6 meter. Kita akan selalu mengupdate perkiraan cuaca setiap harinya,” ungkapnya.

 

Turut hadir, jajaran Forkopimda Kabupaten Kupang diantaranya Dandim 1604
Iqbal Lubis, Kasat Intel Polres Kupang. Kasi Intel Kajari Oelamasi, Wayan,
dan Ketua Forum PRB Provinsi NTT, Ketua PRB Kabupaten Kupang Elfrid Saneh. Dan para pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kupang.

  • Bagikan