Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang, Salurkan Sarana Perikanan kepada 14 kelompok

Kontributor : Merc_ Editor: redaksi
Bupati Kupang Korinus Masneno dan jajarannya bersama Wakil Ketua I DPRD Sofia malelak Dehaan dan beberapa anggota saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada Nelayan Kamis (3/11/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Berlokasi di pantai Sulamanda Desa Mata Air, Kabupaten Kupang, Rabu (2/11/2022) Bupati Kupang Korinus Masneno menyerahkan bantuan sarana prasarana perikanan sumber APBD Tahun 2022 kepada 222 kelompok yang tersebar di kecamatan-kecamatan wilayah Kabupaten Kupang. Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati ini, diterima oleh 14 kelompok berdasarkan jenis bantuan yang diterima.

 

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan, sejak dirinya menjabat mulai dari Asisten Sekda, Wabup Kupang hingga kini Bupati, ia mengikuti secara baik banyaknya bantuan dalam bidang perikanan yang diberikan pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemda untuk nelayan Kabupaten Kupang.

Bupati sangat bersyukur karena banyak hal yang sudah dibuat Pemerintah bersama DPRD kepada rakyat Kabupaten Kupang, dengan segala keterbatasan mampu berbagi untuk kepentingan pembangunan daerah.

“Pembangunan di bidang perikanan, merupakan satu tagline yang dimiliki oleh Pemerintah sejak saya dan wakil bupati Jerry pimpin daerah ini. Bangun ekonomi harus dimulai dari apa yang dimiliki, potensi yang ada dan apa yang dikerjakan,”ungkapnya.

 

Bupati berpesan kepada penerima bantuan, untuk memanfaatkan dan merawat secara baik dan benar bantuan yang diterima.

Dalam kesempatan itu juga Bupati menyinggung masalah stunting. Kepada nelayan, ia berharap agar hasil tangkap ikan selain untuk dijual, sisihkan juga untuk dikonsumsi keluarga.

 

“Terlebih jika istri sedang hamil, menyusui ataupun punya anak balita. Asupan makanan bergizi bagi anak berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya”, kata dia.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Masneno berharap kedepan perikanan di Kabupaten Kupang lebih maju, untuk itu diperlukan kerja kolaborasi antar pemerintah, DPRD dan masyarakat.

 

Waket 1 DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak De Haan juga terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini kepada kelompok-kelompok nelayan diharapkan lebih proaktif lagi, tekun bekerja, maksimalkan bantuan yang ada.

 

“Jangan begitu terima bantuan, disimpan saja tidak dimanfaatkan bersama. Kelompok kalau mau maju dan berkembang harus ada niat, kemauan dan kerja keras. Misalkan temui tantangan di laut jangan cepat berputus asa. Semua ada solusi jika ada niat. Jadilah subjek, aktor dan pelaku dari usaha-usaha yang ada untuk berkembang maju menuju sejahtera,”pesannya.

 

Ia mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Perikanan yang sudah mengalokasikan anggaran yang cukup besar bagi peningkatan kesejahteraan kelompok-kelompok nelayan. Perhatian Bupati dan Wabup Kupang dalam mendorong percepatan di lima bidang mendapat tempat yang baik di hati masyarakat.

 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kupang, Jakson Baook, melaporkan, sesuai dengan DPA T.A.2022 Dinas Perikanan mengelola dana sebesar Rp.7.821.400.997 yang digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana perikanan diantaranya pengadaan kapal dibawah 5 GT, 5 paket, sarana prasarana keselamatan pelayaran 400 unit, sarana penangkapan ikan 40 paket, alat tangkap ramah lingkungan 467 unit, mesin kapal dibawah 5 GT, 21 paket, ketinting 12 unit, rumah pemancingan ikan 1 paket, pengadaan bibit lele lahan kering, sarana lele lahan kering, pengadaan bibit rumput laut, sarana budidaya rumput laut, pembangunan UPR, Sarana budidaya ikan air tawar, sarana pakan mandiri, rehabilitasi unit pengolah ikan 2 unit, dan pembangunan rumah pengering ikan.

 

Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Kupang yaitu Yakobus Klau, Yogerens Leka, Yohanis Munah, Kadis Kominfo, Camat Kupang Tengah, Kapolsek Kupang Tengah dan undangan lainnya.

  • Bagikan