Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sekda Kabupaten Kupang, Pensiun

Kontributor : Merc_ Editor: Redaksi
Bupati Korinus dan Wakil Bupati Jerry Manafe melepas Sekda Kabupaten Kupang pada acara perpisahan di Oelamasi Jumat (28/10/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Sekda Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha telah membaktikan dirinya untuk Nusa dan Bangsa selama 32 tahun 4 bulan sebagai ASN. Obet memasuki pensiun 1 November 2022.

 

Sebagai bentuk apresiasi dan melepaspergikan Obet Laha, pemerintah Kabupaten Kupang menylenggarakan Rapat Kerja sekaligus rangkaian acara Perpisahan dihadiri oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Wakil Bupati Jerry Manafe dan para Pejabat Pemkab Kupang, Kepala Bank NTT Oelamasi Maria J.D. Samalelo, Kepala PT. TASPEN NTT, Dirut PDAM Yoyarib Mau, Jumat (28/10/2022) bertempat di Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan penghargaan tulus atas pengabdian Obet Laha sebagai ASN.

 

Dirinya pun berdoa agar Obet Laha setelah pensiun tetap dalam keadaan sehat dan mendapat berkat terbaik dari Tuhan.

 

“Pak Obet memang sudah pensiun  secara kedinasan, namun silahturahmi bersama harus tetap berjalan. Saya ingin komunikasi tetap terjalin dengan Pak Obet dan tetap membuka ruang dan sumbangsih pikiran untuk membangun Kabupaten Kupang,” Ungkap Masneno yang juga pernah menjadi pimpinan Obet Laha di Vikeke Timor Timur dulu sebagai Kakandep.

 

Dirinya juga berharap Plt.Sekda yang akan ditunjuk dapat  menjalankan tugas secara baik, dan membangun komunikasi dengan pak Obet sudah sangat berpengalaman.

 

Dia menjelaskan, Sekretaris Daerah adalah Kepala Kantor Bupati, Kepalanya Aparatur Sipil Negara, sehingga keteladanan dan kerjasama yang baik menjadi yang utama, seperti yang sudah dilakukan Obet Laha dalam jabatannya sebagai Sekda.

 

Saya berterima kasih atas pengabdian dan loyalitas yang dibangun Obet Laha selama ini. Jika ada salah yang terucap, saya sampaikan permohonan maaf”, ucapnya.

 

Senada, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengatakan seorang Obet Laha adalah seorang birokrat yang hebat.

 

Selain menjadi Sekda, seorang Obet Laha, pernah menjabat Plt.Bupati, sebelum pelantikan Kepala Daerah pada tahun 2019.

“Pak Obet pernah Plt.Bupati, pernah Sekda. Sangat berpengalaman. Saya dan Bupati saja tidak pernah jadi Sekda. Tapi Sekda Obet pernah jadi Plt.Bupati,” puji Wabup Jerry yang baru mengetahui hal tersebut saat penyampaian kata hati dari Sekda Obet.

 

Dirinya memberi dorongan ada harapan selepas pensiun, masih sehat dan punya potensi yang besar, bisa maju pileg 2024.

“Pak Obet pernah menjadi seorang PNS dan kelak bisa menjadi seorang anggota DPRD itu luar biasa,” Pungkas Jerry.

 

Sementara dalam kata hati Obet Laha menceritakan awal kariernya mulai dari ASN, mendapatkan banyak jabatan baik fungsional maupun struktural, hingga pernah menjadi Plt.Bupati sewaktu transisi menuju Pelantikan Bupati dan Wabup tahun 2019 lalu.

“Berkat Tuhan begitu dasyat dalam perjalanan karier saya hingga batas usia pensiun.

 

Perpisahan harus terjadi. Ada waktu bertemu dan berpisah. Tapi secara fisik saya tetap ada, dan kita pasti akan bertemu di waktu dan tempat yang berbeda,” ungkap Obet.

 

Dirinya mengucapkan terima kasih atas kinerja, ketulusan, kerjasama yang baik antar kita semua baik Pimpinan OPD maupun staf.

 

“Saya ucapkan terima kasih tak terhingga, karena melalui bapa Bupati dan Wakil Bupati saya bisa menjadi Sekda. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Teman-teman OPD orang hebat semua, terus bangun Kabupaten Kupang, saling bekerjasama, kerja dengan hati sambil bergandengan tangan, percayalah pasti semua bisa dicapai untuk masyarakat,” urainya sambil mengusap air mata.

 

Ungkapan hati turut disampaikan Kadis Sosial Kabupaten Kupang, Yohanis Masneno. Mewakili ASN. Dia menyampaikan pesan dan kesan untuk Obet Laha.

 

“Berat sesungguhnya mengucapkan kata perpisahan. Saya salah satu orang yang tidak kuat bicara soal perpisahan. Karena pasti sedih”, ucap dia.

 

Baginya, mengakhiri tugas secara kedinasan bukan berarti tugas pelayanan kepada masyarakat terhenti. Tugas di masyarakat dan keluarga tidak akan pernah berakhir.

 

“Tetap jaga silahturahmi, tetap jadikan kami sebagai teman dan sahabat”, pintanya.

 

Acara perpisahan ini ditandai dengan penyerahan SK Pensiun dan pemberian cendera mata dari Pemda, Cenderamata dari Pimpinan Bank NTT Cabang Oelamasi dan penyerahan dana pensiun oleh Pimpinan PT. Taspen NTT.

  • Bagikan