Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bunda Julie, Boyong Siswa- Siswi SMK dari NTT, Ikut JF3 di Jakarta

Kontributor : Ellena Editor: sintus
Salah satu peserta Jakarta Fashion and Food Festival dari NTT tampil memukau Jumat (2/9/22).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – – Siswa- Siswi dari beberapa Sekolah Menengah Kejuruan baik Swasta maupun Negri di Nusa Tenggara Timur, mengikuti Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) di Jakarta. Acara pembukaan kegiatan berlangsung di Mall Kepala Gading, Jakarta Kamis (1/9/22).

Beberapa SMK tersebut diantaranya SMKN 03, SMKN 04 dari Kota Kupang, SMK dari Ende, SMK Katolik Atambua dan beberapa SMK lainnya.

Kegiatan ini memberikan dampak yang cukup baik bagi dunia industri masyarakat.

Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat dalam Jumpa media via zoom pada Sabtu (3/9/22) malam bersama Kepala SMKN 03 dan 04 mengatakan, untuk menyiapkan anak-anak SMK menghadapi ajang tersebut, pihaknya mendatangkan mentor dari Jakarta.

“Kami dari Dekranasda beberapa bulan lalu mendatangkan mentor dari nasional, Designer-designer terkenal seperti Deviko,  Audi, Maya Ratih, dimana mereka mentoring di kabupaten-kabupaten beberapa bulan untuk bisa mempersiapkan anak-anak mulai dari ukur badan sampai membuat pola, design baju juga sampai menjahit dan hasil jahitan tersebut ditampilkan pada ajang JF3 tersebut”, tutur dia.

 

Menurut Julie peserta yang mengikuti ajang tersebut ada juga yang berasal dari daratan Flores dan daratan Timor.

 

“Yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut yakni sekolah-sekolah SMK, dibantu oleh Dinas PK provinsi. Jadi mereka yang mengkoordinir SMK- SMK yang memang memiliki jurusan khusus fashion dan textil”, ujarnya kembali.

 

Menurut dia, pada ajang fashion tersebut, hampir 80 baju ditampilkan, yang sebagian merupakan hasil karya dari anak-anak SMK.

 

Julie Laiskodat menambahkan, tujuan mereka mengikuti ajang ini agar potensi yang dimiliki anak-anak NTT, khususnya dari tenun yang merupakan budaya dan potensi, terus dilestarikan bahkan sampai ajang internasional.

“Ajang ini dilakukan setiap tahun dan melibatkan anak-anak yang berbeda secara nasional maupun internasional”, jelasnya.

Kepala SMKN 04 Negeri Kupang Semy Ndolu, S.Pd menyatakan bangga karena tahun ini Julie Laiskodat memberikan perhatian terhadap siswa – siswi SMKN 04 Kupang khususnya jurusan fashion, yang memiliki bakat, untuk terjun dalam ajang JF3 maupun pada bulan Oktober mendatang pada ajang Jakarta Fashion Week (JFW).

 

“Jadi kami SMK Negeri 4 Kupang turut berbangga dikarenakan kami dilibatkan dalam ajang kegiatan JF3 dimana siswa- siswi kami, khususnya jurusan fashion ikut menampilkan bakat mereka melalui fashion dan textile. Danpada Oktober mendatang juga akan dilibatkan dalam ajang JFW”, jelasnya kepada media via zoom.

Masih menurut dia, kemarin NTT tampil dengan sangat memukau dan didukung oleh para mentor di kelas nasional karena itu, ia turut berbangga. “Dan semoga kegiatan ini terus berkembang dan berjalan kedepannya” pungkas Semy.

 

Kepala SMK Negeri 3 Kupang Yesaya Banunaek menyatakan bangga bersama siswa dan siswinya karena diberikan kesempatan untuk turut serta hadir dalam ajang JF3.

 

Ia mengatakan, dalam persiapan mengikuti ajang tersebut, Bunda Julie  mendatangkan para mentor nasional untuk memberikan latihan bagi siswa – siswi, Sehingga mereka dapat memahami dengan baik fashion dan textil serta siap mengikuti ajang tersebut.

 

“Dari pelatihan tersebut sudah menghasilkan beberapa anak yang sudah bisa mendesign pakaian, sehingga kemarin sore kami juga turut hadir untuk menyaksikan hasil design anak-anak yang sudah siap ditampilkan”, katanya lagi.

 

Menurut Banunaek,  ia juga turut berbangga karena yang ditampilkan dalam ajang tersebut merupakan pakaian-pakaian adat.

“Saya mengharapkan agar perhatian dari Bunda Julie tidak berhenti sampai di sini akan tetapi terus kedepan”, pungkasnya.

 

Beberapa Siswa dari SMKN 03, SMKN 04 dan SMK Katolik Atambua menyatakan kebanggaanya ikut dalam ajang itu.

  • Bagikan