Setelah Upacara HARLAH Pancasila di Ende, Ini Sejumlah Agenda Presiden

Reporter: RD_ELLENAEditor: Sintus
  • Bagikan
Seorang biarawati di Ende menyambut Presiden Jokowi begitu turun dari Mobil RI 1 Selasa petang (31/5/22).

ENDE, FLOBAMORA-SPOT.COM – Presiden RI Joko Widodo tiba di Kabupaten Ende pada Selasa (31/5) kemarin. Presiden Jokowi berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan dari Bandara Internasional Udara Soekarno – Hatta Jakarta pukul 13.50 WIB dan tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende pada pukul 17.50 WITA.

 

Setelah tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende Jokowi disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskosat dan Bupati Ende Djafar Ahmad dan juga Para Pejabat lainnya di Ruang Tunggu Utama VIP Bandara. Setelahnya Presiden Jokowi menuju tempat peristirahatan di Hotel Grand Wisata Ende.

 

Kedatangan Jokowi di Kota Pancasila disambut antusias masyarakat Ende. Masyarakat ingin melihat langsung orang nomor satu di Republik ini. Ribuan masyarakat Ende memadati Simpang Lima Kota Ende dan sepanjang jalan.

 

Sekedar informasi, maksud kedatangan Presiden Jokowi adalah untuk menjadi Inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Ende pada Rabu 1 Juni 2022 tepat pukul 08.00 WITA.

 

Sebelum menuju tempat Upacara, Presiden terlebih dahulu mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara. Seusai Upacara Peringatan digelar, berdasarkan agenda yang diterima Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Presiden Jokowi direncanakan menuju ke Taman Perenungan Bung Karno dan disambut oleh Sejarawan Taman Perenungan Bung Karno.

 

Kemudian Presiden Jokowi akan mengunjungi Rumah Adat Ende dan disambut Tokoh Adat dari 21 Kecamatan dan juga para Tokoh Agama. Di Rumah Adat Ende tersebut, akan dilaksanakan Penganuhgerahan ‘Gelar Tua Adat Ende’ kepada Presiden Jokowi oleh Bupati Ende serta penampilan Tari Adat dan Pembuatan Tenun Ikat Ende.

 

Setelah itu Presiden akan mengunjungi Pasar Mbongawani Kabupaten Ende dengan juga dilaksanakan Penyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada Peserta Program Keluarga Harapan, Pedagang Kaki Lima, dan Pedangang Pasar.

 

Setelah meninjau Pasar Mbongawani Kabupaten Ende, Presiden akan meneruskan perjalanan ke Kabupaten Ngada menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU untuk kemudian meninjau Pasar Bobou dan Kampus Bambu Turutego Kabupaten Ngada.

 

Sementara itu Sentis Mulu salah satu Masyarakat Kota Ende mengatakan kedatangan Presiden Jokowi ini membuat masyarakat Ende merasa senang dan bangga.

 

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sore hari ini datang di Kota Ende. Kami tentunya merasa senang atas kehadiran beliau sebagai orang nomor 1 di negeri yang datang mengunjungi Kota Pancasila. Kesan saya, Bapak Presiden Jokowi adalah sosok yang benar-benar tulus dan bijak. Kami harapkan juga beliau bersama Pemprov NTT dan Pemkab Ende terus mendorong pembangunan terutama sektor pariwisata untuk terus menumbuhkan perekonomian di daerah ini,” ujar Sentis.

 

Hal yang sama juga diungkapkan
Alfa Sawa, salah seorang masyarakat Ende yang turut bangga atas kehadiran Presiden.

 

“Saya sangat bangga sekali karena kehadiran Bapak Presiden ini memberikan spirit tersendiri bagi kami karena kita tahu bahwa beliau sangat memperhatikan pembangunan di wilayah Indonesia Timur salah satunya adalah Provinsi NTT dan juga Kabupaten Ende. Terima kasih Bapak Jokowi dan sukses untuk Upacara Peringatan Hari Pancasila besok,” kata Alfa.

  • Bagikan