Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pelatihan Berbasis Kompetensi di Oelnasi, Berakhir

Kontributor : Merc_ Editor: Sintus
Sekda Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha didampingi Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang, Kris Koroh, anggota DPRD Yosef Lede dan Yakobis Dethan saat menutup kegiatan PBK Selasa (31/5/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menutup kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di UPT Pelatihan Tenaga Kerja Kabupaten Kupang desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah.

 

Penutupan kegiatan dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir.Obet Laha, Selasa (31/5/2022).

 

Sebanyak 16 orang peserta  PBK service sepeda motor injeksi Tahun 2022 yang mengikuti pelatihan ini. Dari 16 orang, yang dinyatakan lulus 13 orang, sedangkan 3 orang tidak lulus karena tingkat kehadiran rendah.

 

Pelatihan ini berlangsung selama 35 hari kerja dan merupakan hasil kerjasama program pendidikan dan pelatihan vokasi bidang industri Balai Latihan Kerja Lombok Timur dengan UPTD Pelatihan Tenaga Kerja Kabupaten Kupang.

 

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang dititikberatkan pada kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap; mencetak tenaga kerja yang mandiri khususnya untuk Penganggur, mereka dibina dan dikembangkan menjadi Kader-Kader Wirausaha Baru atau pengusaha pemula yang mandiri, produktif, berkelanjutan serta beretos kerja tinggi,” kata Plh. Kepala UPTD Pelatihan Tenaga Kerja Kabupaten Kupang, Melkianus Ola.

Sekda Obet Laha pada kesempatan itu menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kupang bersama Pemerintah Pusat berupaya melakukan berbagai kebijakan dan program dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas tenaga kerja dengan berbagai terobosan.

 

“Selain pengetahuan dan keterampilan yang diterima, satu hal yang perlu dijaga adalah sikap (attitude) dalam melayani konsumen maupun Pelanggan, karena dengan pengetahuan yang memadai, keterampilan yang spesifik, dan sikap atau perilaku yang baik, akan menjadi nilai jual yang kompetitif di tengah situasi dan kondisi ekonomi saat ini”, imbaunya.

 

Melki Oma Peserta pelatihan asal Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang, mengungkapkan pelatihan ini memberikan banyak ilmu yang bisa diterapkan dalam dunia kerja. Pelatihan ini baik dilakukan, untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kupang.

 

“Saya berharap kegiatan ini berlanjut bagi yang membutuhkan,”ujarnya.

 

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang, Kris Koroh, anggota DPRD Yosef Lede dan Yakobis Dethan.

  • Bagikan