Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup, Sekda : “Kedepankan Nilai Sportifitas dan Profesionalisme”

Kontributor : Merc_ Editor: sintus
Tim Sepak Bola DPRD Kabupaten Kupang siap berlaga menghadapi OPD Kabupaten Kupang dalam laga pembuka Jumat (20/5/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Turnamen Sepak bola Bupati (Kupang) Cup 2022, resmi dihelat. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Oesao Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Jumad (20/5/2022) diikuti perwakilan 36 club yang akan berlaga dalam even ini.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha bertindak sebagai pembina upacara, dan dihadiri Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) NTT,  Ketua Asosiasi Kabupaten Kupang (Askab), Pimpinan dan anggota DPRD Kab.Kupang, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, Kapolres Kupang yang diwakili Kapolsek Kupang Timur, peserta turnamen serta undangan lainnya.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha mewakili Bupati Kupang menyatakan, kebangkitan sepak bola Kabupaten Kupang akan ditandai dengan munculnya talenta muda berkalung prestasi yang akan berkiprah mewakili Kabupaten Kupang pada turnamen tingkat provinsi dan juga tingkat Nasional.

“Dengan komitmen realistis dan prestisius, semua peserta baik atlet maupun official, juga panitia akan mengartikan turnamen ini sebagai media kompetisi. Sebuah media yang di dalamnya terpampang jelas berbagai peraturan sepak bola yang terstandarisasi sesuai aturan dari PSSI. Kompetisi yang tujuan akhirnya bukan piala atau hadiah, tetapi mampu mengedepankan nilai sportifitas dan profesionalisme. Nilai yang secara umum menjadi tujuan dilakukannya berbagai kompetisi olahraga,”tandasnya.

 

Kapolres Kupang dalam himbauan yang disampaikan Kapolsek Kupang Timur, Iptu Victor Saputra, meminta agar tetap tegakkan protokol kesehatan dan dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama kegiatan turnamen sepak bola berlangsung.

 

Sementara Ketua Askab PSSI Kab.Kupang, Johanis Mase mengatakan, tujuan utama penyelenggaraan turnamen ini adalah membangun persahabatan diantara pemuda yang ada di Kabupaten Kupang, dan sebagai ajang memacu, meningkatkan dan mengembangkan olahraga sepak bola, serta memilih pemain yang berkualitas untuk dapat bertanding di Eltari Cup nantinya.

“Kepada club-club sepak bola, saya berpesan tampilkan yang terbaik dengan tunjukkan sportivitas”, ujarnya.

Senada, Ketua Asprov PSSI NTT, Chris Mboeik, mengatakan, penyelenggaraan turnamen ini bukan sekadar senang-senang atau hobi, melainkan dapat melahirkan pemain-pemain hebat di bidang sepak bola NTT. Provinsi NTT menurutnya, sedang giat-giatnya mendorong semua Kabupaten untuk menggelar turnamen sepak bola yang sempat tertunda dua tahun lamanya akibat pandemi covid 19.

 

Pada upacara tersebut, ada janji atlet yang disampaikan Gerald Munirasi, dari SMAN I Amarasi Barat. “Atasnama seluruh atlet kami berjanji akan mengikuti turnamen sepak bola Bupati Cup 1 Tahun 2022 dalam suasana persahabatan dengan jiwa yang murni, jujur dengan mengindahkan segala peraturan yang ditetapkan. Dan dengan penuh hasrat bertanding dengan semangat kesatria yang sejati dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan fair play dalam pertandingan”, ucapnya.

 

Sementara janji wasit yang diwakili Frits Nenosaban, S.Pd, guru pada SMAN 2 Amarasi. Ia menyampaikan atasnama seluruh wasit berjanji akan melaksanakan tugas wasit dalam turnamen sepakbola Bupati Cup 1 Tahun 2022 seadil-adilnya dan tidak memihak kepada siapapun dan akan menaati peraturan permainan yang berlaku, dengan dilandasi oleh jiwa kesatria dan semangat keolahragaan yang murni, juga menjunjung tinggi nilai sportivitas dan fair play.

 

Hilarius Laran, selaku Ketua panitia mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah pengembangan diri generasi muda di Kabupaten Kupang; menjalin persaudaraan serta meningkatkan persatuan antar pemuda dan Club; mengembangkan kualitas sepak bola; memberikan hiburan; meningkatkan prestasi club-club sepak bola di tingkat kecamatan; dan sebagai sarana pencarian bibit-bibit muda pesepak bola Kabupaten Kupang.

 

Turnamen Bupati Cup 2022 mengusung tema “Dengan sepak bola, kita tingkatkan sportivitas pemuda dalam mendukung program 5 P di Kabupaten Kupang”.

 

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi antara tim sepak bola dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kupang VS Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kupang.

Salam Olah raga, Salam Sepak bola!!!

 

 

  • Bagikan