Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemkab Kupang, Gelar Musrenbang RKPD

Kontributor : NH Editor: Sintus

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Kupang, Rabu (13/4/22).

 

Kegiatan diikuti Bupati Kupang, Korinus Masneno, Wakil Bupatk Jerry Manafe, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, Forkopimda kabupaten Kupang, para anggota DPRD Kabupaten Kupang, Para Staf Ahli Bupati Kupang, Para Asisten Sekda Kabupaten Kupang, pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kupang, para Camat dan Kades se-Kabupaten Kupang, Lembaga Mitra Pembangunan dan awak media.

 

Musrenbang RKPD digelar untuk membahas dan menyepakati usulan masyarakat, pokir DPRD dan Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2023, menyusun program, kegiatan dan sub kegiatan prioritas perangkat daerah tahun 2023, menyusun usulan prioritas daerah yang diteruskan ke Pemprov dan Pusat.

 

Ketua DPRD kabupaten Kupang Daniel Taimenas, dalam sambutannya mengatakan, musyawarah rencana pembangunan rencana kerja pembangunan daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2022 merupakan rangkaian musyawarah yang dilaksanakan dari tingkat dusun, desa, kecamatan dan kabupaten. Tentu ini berpedoman pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kab. Kupang tahun 2019-2024 yang didalamnya terdapat visi dan misi Pemkab. Kupang.

 

Menurut Daniel, pokir DPRD merupakan amanat dari Permendagri No. 86 tahun 2017, dimana DPRD kab. Kupang memberi pikiran-pikiran pokok (pokir) DPRD, yang merupakan usulan dan masukan dari masyarakat yang dirangkum dari kegiatan tatap muka secara langsung bersama masyarakat melalui kunjungan kerja, hearing dialog reses. Sehingga diharapkan, pemerintah menyikapi dalam menyusun program dan kegiatan untuk tahun anggaran 2023 karena pokir tersebut bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat kabupaten Kupang.

 

“Inti dari pokir DPRD ada 4 bidang yaitu Bidang pemerintahan, ekonomi dan keuangan, pembangunan infrastruktur serta kesejahteraan rakyat. Pokir yang telah diserahkan ke Pemkab kiranya ditindaklanjuti menjadi program kegiatan strategis dalam perencanaan pembangunan kab. Kupang ke depannya”, ujar Taimenas.

 

Dia berharap pada Musrenbang RKPD ini, Pemerintah sudah dapat menyampaikan hasil verifikasi terhadap pokir DRPD kabupaten Kupang dari 325 usulan yang telah diinput ke SIPD oleh masing-masing anggota DPRD.

 

Bupati Korinus Masneno saat membuka kegiatan itu mengucapkan terima kasih kepada Ketua, wakil-wakil ketua serta seluruh anggota DPRD kabupaten Kupang sebagai Mitra kerja yang tidak berkurang motivasinya, mengikuti seluruh tahapan perencanaan kabupaten Kupang, untuk tahun depan yang telah dimulai dari Musrenbangdes, Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga Musrenbangkab ini.

 

Dia yakin, manifestasi berupa dokumen perencanaan yang akomodatif dan komprehensif bisa dihasilkan.

 

Masneno meminta atensi serius dari semua pihak untuk merealisasikan target-target pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPJMD.

 

“Gunakan forum Musrenbangkab ini sebagai suatu wadah klarifikasi dan penyelarasan agar terciptanya kesepakatan dalam pencapaian tujuan, strategi, dan arah kebijakan sesuai RPJMD. Bahan Musrenbangkab ini berasal dari bahan rancangan awal hasil verifikasi usulan kecamatan dan pokir DPRD melalui forum perangkat daerah dan akan kita sempurnakan bersama- sama melalui pembahasan dan persetujuan menjadi rancangan akhir Renja perangkat daerah”, jelasnya.

 

Masneno menegaskan, khusus pendapatan, sampai dengan tahun ini mengalami defisit pembiayaan sebesar kurang lebih 27 miliar rupiah. Kondisi ini harus segera dibenahi. Karena itu, dirinya meminta semua OPD sumber pendapatan terus menggali potensi pendapatannya. Sumber pendapatan inilah yang akan digunakan untuk membawa masyarakat kabupatwn Kupang keluar dari persoalan-persoalan ekonomi saat ini. “Kerjakan porsi kita sesuai hati nurani dan takut akan Tuhan. Kerja lah dengan tulus untuk rakyat”, imbaunya.

 

Tidak hanya itu, melalui kesempatan ini pula Bupati Kupang menyampaikan, tanggal 4 April 2022, saat menghadiri rakor awal perencanaan pembangunan RS Kanker type B yang akan di bangun oleh Yayasan Graha Kasih Indonesia di desa Oematnunu, Kecamatan Bolok, kiranya bisa memupuk kemitraan- kemitraan seperti ini serta mensinergikan melalui program pemerintah sehingga kabupaten Kupang dapat mengejar ketertinggalan pembangunan akibat Covid-19.

 

Dirinya menghimbau, penuntasan isu-isu strategis daerah adalah tujuan kerja dalam pelaksanaan Musrenbangkab ini.

 

“Harus kita pastikan bahwa program yang nantinya akan dilaksanakan harus mampu memberantas kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM, mengoptimalkan potensi dan pemantapan insfrastruktur, mempercepat pertumbuhan ekonomi, menguatkan nilai kearifan lokal serta memperbaiki kerusakan lingkungan yang merupakan tanggungjawab kita kepada masyarakat kabupaten Kupang. Kepada TAPD, pastikan 60 % komposisi pembelanjaan adalah untuk belanja modal dan program peningkatan kesejahteraan publik. Ciptakan karya pengabdian untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera”, tutup Korinus Masneno.

 

Kegiatan berlangsung di bawah tema: “Pemantapan ekonomi daerah melalui Revolusi 5P yang didukung pemerataan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia”.

  • Bagikan