Lakukan Peletakan Batu Pertama Kantor KIB, Ini Kata Wagub NTT

Reporter: Mercy/rilisEditor: Sintus
  • Bagikan
Wagub NTT Josep Na Soi sedang sambutan sebelum melakukan peletakan batu pertama pembanguna Kantor PT KIB Senin (11/4/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Gubernur NTT Josep A. Nae Soi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Kawasan Industri Bolok (KIB). Kegiatan berlangsung di desa Bolok Kecamatan Kupang Barat Senin (11/4/22) dihadiri
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

 

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi dalam sambutannya mengatakan ikut berbangga atas dilaksanakannya acara peletakan batu pertama PT.KIB di atas lahan seluas 900 ha. “KIB luar biasa, “puji Wagub NTT.

 

Menurut Nae Soi, arti Kawasan itu adalah only place (hanya tempat), sedangkan industri artinya not in place (tidak di tempat), sebab didalamnya ada orang, ada proses, output dan outcome. “Lahirlah apa yang dinamakan revolusi Industri dan revolusi mental, “terang Nae Soi.

 

Dia menambahkan, NTT memiliki banyak potensi, dan NTT adalah daerah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia. Perlu dilakukan kerjasama yang dinamis, lakukan pendekatan-pendekatan budaya misalkan tenun asli daerah. Tenun NTT banyak diminati daerah luar, juga adanya sarana olahraga yang baik yang diinginkan Nae Soi.

 

“Jika ingin “Go To East” pergilah ke NTT”, ujarnya.

 

Selain itu, fasilitasi dari Pemkab Kupang juga turut mendukung PT.KIB dalam beroperasi.

 

Dirinya memuji Wabup Kupang, Jerry Manafe yang memiliki cara kerja dan cara berpikir sebagai birokrat entrepreneur. Bisa menjadi lebih maju daerah Kabupaten Kupang dan NTT.

Mengakhiri sambutannya, Wagub NTT yakini sesuai imannya sebagai seorang Kristiani, peletakan batu pertama yang terjadi pada minggu sengsara menuju Paskah, adalah suatu kemenangan menuju kehidupan lebih baik.

 

Direktur Utama PT.KIB, Gabriel Wilem Kennenbudi menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua unsur terkait, diantaranya Pemerintah Provinsi, Pemkab Kupang, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan NTT, Pimpinan BUMN maupun swasta, serta undangan lainnya.

 

“Kehadiran bapa ibu merupakan saksi langkah awal pengembangan Kawasan Industri di NTT, “ungkapnya.

 

Ia menjelaskan, KIB sudah dicanangkan sejak tahun 1997, akhirnya sejak tahun 2019 menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

 

Kennenbudi berterima kasih kepada Pemprov NTT yang walaupun dalam kondisi sulit masih bisa memberikan penyertaan modal kepada PT.KIB, sehingga roda pengembangan dapat berjalan.

 

Nilai kontrak Pembangunan kantor PT.KIB sebesar Rp.4.376.254.000, dengan masa kerja selama 210 hari, kontraktor pelaksana PT.Wahyu Perisai Konstruksi, dan Konsultan Pengawasnya dari CV. Amori Perkasa Engineering. Dalam kesempatan tersebut juga, ia memperkenalkan jajarannya yaitu : Dewan Komisaris PT.KIB adalah Alex Ena dan Kristo Blasin. Sementara Dewan Direksi adalah Marten Kale, Hengky Laiskodat, Perry Klemen, Felixius dan Frits. Dan jika Tuhan berkehendak, pada tanggal 5 Oktober 2022, kita dapat memiliki sebuah kantor Kawasan Industri Bolok,”harapnya.

 

Sekadar Informasi, lingkup bisnis dari PT.KIB adalah Bisnis utamanya adalah sewa lahan yaitu pemanfaatan lahan oleh pelaku bisnis dengan pola menyewakan lahan dengan status HGB (Hak Guna Bangunan). Bisnis tambahan antara lain : sewa bangunan/gedung pabrik siap pakai atau gudang, sentra produksi kerajinan dan industri rumah tangga, kantin/restoran, mini market, SPBU, Freight forwarding, sarana olahraga, Bussines centre, pengolahan air limbah, penyediaan air bersih.

 

Adapula Pelayanan komersial non profit, pelayanan non komersial dan lain-lain. Selain itu PT.KIB membangun link kerjasama dengan PT.Flobamor (Suplier Komoditi Lokal), PT.Jamkrida (jaminan asuransi) dan PT. Bank NTT Permodalan.

  • Bagikan