Manggarai Barat, Tertinggi Kasus DBD di NTT

Reporter: Biro AP NTT/ELLENAEditor: Sintus
  • Bagikan
Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT Prisila Parera diantara Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang Orzon Nawa dan Kabid P2P Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil NTT Erlina Salmun pada BAKOHUMAS Selasa (15/2/22).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT menggelar Pertemuan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dengan tema “Langkah-Langkah Mitigasi dan Percepatan Penanganan Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)” Di Nusa Tenggara Timur. Kegiatan Bakohumas tersebut adalah yang pertama kali dilaksanakan Biro Administrasi Pimpinan di tahun 2022 ini.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NT, Erlina Salmun menyatakan hingga kini data periode Januari – 13 Februari 2022, terdapat 8 orang meninggal dunia akibat DBD.

 

“Dalam data perkembangan kasus dan kematian DBD di Provinsi NTT Periode Januari – 13 Februari 2022 menyebutkan, terdapat 1.155 kasus dengan persebaran Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 212 kasus, Kota Kupang sebanyak 208 kasus, Sikka sebanyak 156 kasus dan Sumba Barat Daya 104 kasus. Serta terdapat 8 orang yang meninggal dunia dengan persebaran masing-masing Kabupeten Nagekeo 1 orang , Sikka 1 orang, Ngada 3 orang, Kota Kupang 1 orang, Sumba Barat Daya 1 orang, dan Sumba Tengah 1 orang,” jelas Erlina.

 

Ia menjelaskan, pada musim hujan, angka penyakit demam berdarah melonjak tinggi dan bila tidak dikendalikan dengan baik, maka dapat dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) bagi daerah yang kasus terjangkit atau kematiannya cukup tinggi.

 

“Diharapkan, semua pihak harus melakukan pencegahan dan pengendalian dengan berkoordinasi lintas sektor. Juga perlu ada satgas penanganan DBD di setiap kabupaten/kota. Serta masyarakat gencar melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk seperti bak mandi dan lain-lain serta dengan 3M Plus,” kata Erlina.

 

Juga perlu menyikapi adanya gigitan nyamuk di luar rumah maka diharapkan di masa pandemi ini tetap dilakukan pemantauan dan pembasmian jentik dan PSN serta ketersediaan sarana dan prasarana di faskes untuk penanganan DBD.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang Orson Genes Nawa, menjelaskan salah satu hal utama dalam penanganan DBD adalah kebersihan lingkungan yang wajib diperhatikan.
“Harus kita sadari, penyakit ini juga disebabkan kebersihan lingkungan. Nyamuk akan berkembang biak bila ada banyak tumpukan sampah yang dibiarkan. Apalagi dengan air hujan yang tertampung di sampah-sampah tersebut. Budaya lingkungan bersih harus dimiliki oleh semua orang,” jelasnya.

 

“Kesadaran kita masih kurang untuk kebersihan lingkungan kita. Banyak yang masih buang sampah sembarangan, padahal sudah disiapkan tempatnya. Maka hal-hal seperti ini jangan lagi terjadi sehingga bila lingkungan bersih maka masyarakat juga akan sehat,” tambahnya.

 

Gubernur NTT dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT, Semuel Halundaka, menyampaikan apresiasi kepada Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, yang menyelenggarakan Bakohumas tersebut, untuk menggerakan semua pihak agar bersama berupaya untuk dapat mencegah dan menanggulangi demam berdarah yang mengancam kesehatan manusia.

 

“DBD dapat menyerang semua kalangan usia, tidak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa. Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak karena daya tahan tuhuh yang tidak sekuat orang dewasa. Penyakit ini juga dikenal juga sebagai penyakit menular berbasis lingkungan, yang artinya ditimbulkan juga oleh faktor lingkungan yang tidak ditata dan diperhatikan kebersihannya,” jelas Mantan Sekdis Kesehatan, Dukcapil Provinsi NTT tersebut.

 

“Upaya pencegahan harus dimulai dari individu masing-masing dan setiap rumah tangga. Perbiasakanlah hidup bersih dan tingkatkan pencegahan penyakit dengan baik. Itu harus jadi budaya hidup kita, bukan hanya untuk terhindar dari DBD tetapi juga dari penyakit lainnya,” jelas Halundaka.

Seluruh rangkaian acara Bakohumas dipandu Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT Prisila Q Parera sebagai Moderator.

  • Bagikan