Wagub NTT Terus Mencari Dukungan Jadi  Tuan Rumah PON XXII

Reporter: Biro AP NTT / EllenaEditor: Sintus
  • Bagikan
Wakil Gubernur NTT Jonsep Nae Soi memohon dukungan Gubernur Jawa timur Ganjar Pranowo sebagai Tuan Rumah PON XXII tahun 2028 dalam sebuah pertemuan di Jawa Timur, Senin (14/2/22).

JATIM, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Gubernur Provinsi NTT sekaligus Ketua KONI NTT Josef Nae Soi (JNS) terus mencari dukungan menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028. Kali ini Ia bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan jajaran Pengurus KONI Jawa Tengah pada senin (14/2). Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meminta Pemprov Jawa Tangeh untuk mendukung Provinsi NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028.

 

“Kami NTT datang khusus ke Jawa Tengah untuk minta dukungan menjadi tuan rumah PON XXII (PON Nusa Tenggara). Tentunya ini juga sebagai pendekatan dengan historis dan sebagai apresiasi dimana dalam sejarah tercatat PON pertama tahun 1948 diselenggarakan di Provinsi Jawa Tengah, yaitu di Kota Solo,’ ujar Wagub Josef.

 

“Kita berbicara dalam konsep wawasan Nusantara, maka agar PON setelah Papua di ujung timur tahun 2021, nanti   PON XXI diadakan di ujung barat Indonesia yaitu di Aceh dan Sumut tahun 2024. Sudah saatnya, PON XXII diadakan di ujung selatan tahun 2028 dan nanti 4 tahun kemudian di Utara Indonesia. Ini juga dengan adanya kepentingan geopolitik dan geostrategis yang harus dipertimbangkan yaitu ada Sabang dan Merauke, ada Miangas dan Rote,” ujar Nae Soi.

 

Sementara itu  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Pemprov Jawa Tengah Siap dukung NTT dan NTB sebagai tuan rumah PON XXII. “Jateng mendukung penuh Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah. Saya akan sampaikan dukungan saya melalui channel YouTube, juga patut saya katakan NTT dan NTB itu adalah saudara kami juga,” jelasnya.

 

“Sesungguhnya Jateng dan DIY siap untuk ikut juga biding bulan April nanti, karena PON XX kemarin kami menyerah untuk saudara kita dari ujung timur yaitu di Papua. Tapi karena ada permintaan dari Kakak Josef (Wagub NTT) yang datang langsung dan dengan mempertimbangkan pemerataan kesempatan, maka untuk kedua kalinya kami mengalah untuk sesama saudara dari bagian Timur,” tambahnya.

 

Ganjar juga meminta agar Pemprov NTT dan NTB memperhatikan sarana atau pembangunan venue PON 2028 nanti.

“Olahraga tidak sekedar prestasi, tapi juga harus menjadi industri  apalagi saudara- saudara dari timur Indonesia memiliki potensi besar di bidang olahraga. Penting mempertimbangkan sport science dan atlet harus bisa training sampai ke luar negeri untuk persiapan yang matang,” tambahnya.

 

Hadir bersama Wakil Gubernur NTT,  Ketua Bidang Organisasi KONI NTT Frits Bria Seran, Wakil Bendahara Riky Kasematan, serta Kepala Badan Penghubung NTT Donald Izaac.

  • Bagikan