Lantik Pengurus FKUB, Ini Pesan Moral Bupati Kupang

Reporter: NH_PKPEditor: sintus
  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno bersama Pengurus FKUB usai pelantikan dan Forkopimda Kabupaten Kupang Kamis (10/2/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang mengukuhkan 17 orang Badan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Kamis, (10/2/2022).

Kegiatan dihadiri Forkopimda Kabupaten Kupang , Staf Ahli Bupati Kupang, para Asisten Sekda Kabupaten Kupang, para pimpinan OPD salah satunya Kepala Kantor Agama kabupaten  Kupang Saturlino Coreira, Pengurus FKUB kabupaten Kupang yang  lama dan yang baru.

 

Bupati Kupang Korinus masneno dalam  sambutannya mengucapkan selamat kepada Ketua dan Badan Pengurus FKUB kabupaten Kupang yang dikukuhkan hari ini.

“Bekerjalah sesuai tugas dan fungsinya dalam menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten Kupang”, pesannya.

Tidak hanya itu, Masneno juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Badan Pengurus FKUB sebelumnya, atas dedikasinya menciptakan situasi masyarakat yang damai dan tentram dalam kehidupan beragama di kabupaten Kupang.

 

Masneno berharap, 17 orang terpilih yang dikukuhkan hari ini bisa berkolaborasi mensukseskan program moderasi beragama Kementerian Agama tahun 2020-2024 dan semoga kabupaten Kupang tetap menjadi daerah yang men-support Propinsi NTT sebagai propinsi dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia.

 

Bupati Masneno juga mengajak Ketua dan badan pengurus FKUB yang baru untuk mengeliminasi segala bentuk tindakan ekstrim, dimana Pemeluk agama yang satu menganggap bahwa agama atau kepercayaannya adalah yang paling benar dan yang lain salah.

“Jadikan moderasi beragama sebagai benang merah pemersatu di kabupaten  Kupang untuk terus memupuk kerukunan dan kedamaian umat beragama”, tambahnya.

 

Pada akhir sambutannya, Korinus Masneno mengingatkan, dalam keadaan pandemi virus corona ini, kiranya FKUB tetap membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19 baik dalam bentuk penerapan 6 M maupun ajakan dalam program vaksinasi.

“Mari bersama-sama memelihara iklim sosial yang kondusif dengan bekerja keras, memelihara toleransi dan kerja sama sebagai bukti nyata iman untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera”, imbaunya

 

Mantan Ketua FKUB, Pdt. Daniel Nenotek mengatakan, kerukunan umat beragama di kabupaten Kupang masih terpelihara dengan baik meski terkadang muncul kerikil-kerikil kecil yang melanda toleransi beragama di kabupaten Kupang.

 

Pdt. Daniel mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kupang yang telah mempercayakan tugas dan tanggungjawab kepada badan pengurus FKUB yang lama, dimana hari ini telah melepaskan tugas dan tanggungjawab tersebut kepada pengurus yang baru.

“Terima kasih juga kepada Kemenag kabupaten Kupang, Kesbangpol dan Kesra yang sudah memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan tugas sampai hari ini. Semoga pengurus FKUB yang baru saat ini, bisa melanjutkan tongkat estafet  dalam kepengurusan merawat kerukunan umat beragama untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat di kabupaten Kupang.

 

Pdt. Yunus Kaitulang selaku Ketua FKUB yang baru , menyampaikan syukur atas momentum hari ini. Dia berterima kasih kepada pengurus lama FKUB yang sudah mengurus selama 16 tahun terakhir ini.

“Meski kita datang dengan latar agama yang berbeda , sebagai pengurus FKUB, kita dituntut untuk menjadi motor penggerak toleransi umat beragama di kabupaten Kupang. Tidak ada alasan untuk saling mencela dan menyombongkan diri karena pada hakekatnya kita berasal dari akar yang sama. Untuk itu, kualitas komunikasi dan relasi yang baik akan menjadi energi positif yang harus disampaikan ke jemaat dan umatnya masing-masing”, urainya

 

Pdt. Yunus berharap agar momen ini bisa menjadi forum komunikasi FKUB bukan sekedar forum elit para pemimpin umat. Dengan adanya Kampung Toleransi di desa Mata Air yang  merupakan bentuk kerukunan dan toleransi beragama di kabupaten Kupang.

 

Dia juga mengajak badan pengurus FKUB untuk berkolaborasi dengan Pemda dan Forkopimda dalam upaya mensejahterakan umat di kabupaten Kupang dengan mewujudkan visi dan misi Pemkab Kupang yang teranyam dalam Revolusi 5P.

  • Bagikan