Datang ke Kantor Camat Lebatukan, Ini yang Disampaikan Mahasiswa KKN Unika

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Unwira saat berada di kantor Camat Lebatukan, Jumat (28/1/22).

LEMBATA, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Setelah menemui Bupati Lembata, Mahasiswa KKN Unika Widya Mandira Kupang melakukan kunjungan ke kantor Camat lebatukan untuk melaporkan keberadaan peserta KKN Di desa Lamatuka Jumat, (28/01/2021)

Para Mahasiswa didampingi Kepala Desa Lamatuka dan Hedwigh H.T. Lejab, S.E., M.M selaku dosen Pembimbing KKN.

Dalam sambutannya Hedwigh H.T. Lejab, S.E., M.M menyampaikan tujuan dan maksud kunjungan peserta KKN ke kantor camat Lebatukan adalah untuk menyampaikan keberadaan peserta KKN di kecamatan lebatukan khususnya di desa Lamatuka mulai dari tanggal 24 Januari sampai dengan 24 Februari 2022. Jumlah Peserta KKN 10 orang  yang berasal dari beberapa fakultas yakni fakultas Fisip, Fkip, ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas Teknik, dan 1 dosen pendamping dari fakultas ekonomi dan bisnis.

 

“Dalam pelaksanaan KKN kali ini mahasiswa akan diminta untuk membantu mengkaji potensi yang ada di desa Lamatuka dan menyampaikan kajian itu ke pemerintah desa untuk  mengembangkan BUMDES yang sudah di jalankan”, dia  menjelaskan.

 

Camat Lebatukan Ir. Petrus bote menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada universitas Katolik Widya Mandira Kupang karna telah memilih kabupaten Lembata, kecamatan Lebatukan desa Lamatuka sebagai lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

 

Terkait BUMDes Petrus  menjelaskan, pada umumnya semua Bumdes yang ada di kecamatan Lebatukan memiliki permasalahan yang sama yakni sumber daya yang terbatas.

“Dasar aturan BUMDes memang harus di bentuk di desa sehingga kesiapan kurang maksimal sehingga perlunya pembenahan sumber daya manusia. Setelah Sumber Daya Manusia (SDM) di benahi maka sistem organisasi dan pengelolanya juga di benahi”, tegas petrus.

Ia melanjutkan tahun ini BUMDes memberikan penyertaan modal, yakni penyertaan modal itu mustinya hasil usaha dari Bumdes itu sendiri.

 

Petrus mengharapkan agar struktur organisasi BUMDes dapat diubah dan dalam merekrut calon Pengelola BUMDes  pemerintah desa mempunyai pertimbangan- pertimbangan khusus agar BUMDes dapat berkembang dengan baik.

  • Bagikan