Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Resmikan Sarana Air Bersih, Ini Komentar Kades Besmarak !!

Kontributor : Mercy_PKP Editor: Sintus
Bupati Kupang Korinus Masneno menggunting pita meresmikan penggunaan Sarana air bersih sumur bor di desa Besmarak Sabtu (22/1/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang Korinus Masneno, mengunjungi Desa Besmarak Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, dan meresmikan pembangunan sarana Air bersih berupa sumur bor, Sabtu (22/1/2022).

Sumur bor tersebut akan disambungkan ke rumah masyarakat dan besar manfaatnya bagi masyarakat. Pengerjaan sumur bor sendiri murni menggunakan dana desa tahun anggaran 2020 – 2021 sebesar Rp.300 juta.

Kepala Desa Besmarak, Petrus Timate mengaku bangga atas tersedianya sarana air bersih, dengan diresmikan langsung oleh Bupati Kupang, setelah menggunting pita.

Kehadiran Bupati Kupang, dirasakan Kades ini sebagai sebuah keberuntungan bagi warga desa. Sebelum melakukan peresmian, Bupati meninjau perkebunan hortikultura seluas 25 are yang ditanami lombok, milik mantan pegawai kontrak Kabupaten Kupang, Kobus Nenobesi yang memilih mundur dari tenaga kontrak pemerintah dan berfokus ke usaha tani dan perkebunan.

 

Petrus menambahkan, lahan pertanian Desa Besmarak seluas 40 hektar, dan baru dikelola oleh warga seluas 11 hektar. Tanaman hortikultura dirasakan sangat membantu ekonomi para petani. Pendapatan pertahunnya bisa mencapai Rp.100 juta hingga 500 juta dari tanaman hortikultura,”jelasnya.

Hal ini diperkuat juga oleh penyampaian Kobus Nenobesi, yang ditemui tim Prokopim sebelum berlangsungnya acara, dikatakannya sekali panen bisa mencapai 80-an juta bahkan lebih.

 

Kades Petrus melanjutkan, apa yang dikerjakan dan dihasilkan masyarakat tani saat ini, sebagai bentuk dukungan atas program Revolusi 5P. Ia pun mendambakan agar desa Besmarak bisa menjadi objek agrowisata. Besmarak siap jadi pilot project untuk pertanian Kabupaten Kupang,”tekadnya.

“Selain itu  sangat dibutuhkan bantuan alat-alat pertanian seperti traktor, Kultivator dan tambahan 1 sumur bor lagi dari Pemerintah Kabupaten,”pintanya.

 

Menanggapi permintaan tersebut Bupati Kupang Korinus Masneno menyatakan akan direalisasikan pada perubahan anggaran 2022.

Kepada Asisten III Novita Foenay dan Kadis Pertanian Amin Juariah, Bupati ingatkan untuk ditindaklanjuti permintaan tersebut.

Yang dikagumi Bupati saat berada di lokasi perkebunan milik Kobus Nenobesi ialah, mereka menggunakan teknologi irigasi tetes. Ini adalah metode irigasi yang menghemat air dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman.

Harga teknologi irigasi tetes tersebut sebesar Rp 13 juta, dengan jangka waktu pemakaian bisa 5 tahun, Bupati inginkan agar masyarakat petani lainnya bisa memanfaatkan teknologi ini menggunakan dana desa.

Diakui Bupati, bahwa keberhasilan sebuah pemerintahan, terletak pada keberhasilan sebuah desa. “Teruslah berkarya, bangkitkan semangat, lakukan perubahan, untuk peningkatan ekonomi menjadi lebih baik”, ajaknya.

Kepada Kades Besmarak, Bupati tekankan agar pendapatan desa, dibuat pembukuannya.

Sementara Ketua DPRD Kab Kupang,  Daniel Taimenas mengajak semua yang hadir untuk mencintai pekerjaan, menikmatinya, maka dijamin akan sukses.  Da

Warga Nekamese ini menyampaikan, pembangunan sarana air bersih ini memberikan banyak manfaat dan setiap rumah tangga akan dipasang meter,”katanya penuh sukacita.

Bersama Bupati Kupang dan Ketua DPRD  hadir pula Asisten III Sekda Kab.Kupang, Novita Foenay, Kadis Pertanian dan Ketahanan pangan, Amin Juariah. Kadis PMD, Charles Panie, Kabag Umum, John Sula, Kabag Prokopim, Martha Para Ede, Kepala RSKK, Beni Selan.

  • Bagikan