PR Pertama Untuk Kades !! Masyarakat Dusun V Desa Enoraen Kosumsi Air Embung

  • Bagikan
Kades Enoraen Sariwan Herry Takain usai diwawancarai Media. Herry Takain dilantik bersama 56 kades lainnya Jumat (17/12/21).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Air merupakan kebutuhan pokok dan paling tinggi dari semua kebutuhan manusia, karena air tidak hanya untuk manusia. Air bisa digunakan untuk minum ternak seperti Sapi, Kuda, Babi dan seterusnya.

Kondisi memilukan datang dari desa Enoraen khsususnya dusun V Fatufuaf. Di sini masyarakat mengonsumsi air Embung. Kebetulan saat ini sedang hujan. Media ini berkesempatan mengunjungi masyarakat dan tinggal semalam bersama mereka. Air embung yang berwarna merah diambil setiap hari untuk Mandi, Cuci, Kasus, untuk minum sapi dan mungkin juga untuk mandi.

“Kami di sini seperti ini. Air bersih susah. Kami harus berjuang ambil air dari embung (3km) dari rumah untuk MCK, untuk sapi minum. Kalo mau minum beli air dari pick up satu jerigen (5 L) rp. 2.000. kalo 1 tangki Rp. 300.000”, ujar  Amrosius Siki, salah satu masyarakat dusun V tempat saya menginap beberapa waktu lalu.

Satu hal yang perlu diapresiasi dari masyarakat dusun V adalah meski susah air namun mereka memelihara ternak Sapi. Astaga !! Sapi kan harus diberi minum tiap hari paling sedikit 1x sehari satu ember.

“Biasanya ada yang bawa sapi ke pinggir laut untuk kasih minum. Di sana ada penampungan air tawar yang bisa diminum ternak”, tambah Melki Siki diaminkan warga lainnya.

Menurut Melki ada juga satu sumur 5 km dari tempat tinggalnya di dusun V. Sumur ini ada di desa tetangga.“Kita pake motor. Ada juga yang jalan kaki. Kalo mau mandi dan masak pake air bersih ya harus berkorban”, ucap dia.

Menurut guru Honorer SDN Fatufuaf itu, masyarakat sudah biasa dengan keadaan ini.

Rintihan hati masyarakat kecil ini sudah didengar oleh pemeritnah daerah Kabupaten Kupang. Hal ini diakui Kepala Desa Enoraen terlantik Sariwan Herry Takain setelah acara Pelantikan 57 Kepala Desa oleh Bupati Kupang Korinus Masneno Jumat (17/12/21).

 

“Dusun Bikoen dan Oemoro itu airnya agak susah jadi sudah ada pengelolaan air bersih oleh Pemeritnah daerah. Sementara ini belum serahterima kepada kita masyarakat. Air sudah jalan. Kalo dusun V Fatufuaf ambil air di desa tetangga karena memang air di situ sangat sulit”, ujar Herry Takain.

Menurut dia, Pemkab sedang mengupayakan ketersediaan air bersih untuk masyarakat Enoraen.

“Dan setelah dilantik ini kita upayakan untuk dapat membantu masyarakat dusun V atasi masalah kekurangan air”, kata dia tanpa merinci apa saja upaya yang akan dilakukan.

Bupati  Kupang Korinus Masneno dalam sambutanya saat melantik 57 Kades Terpilih periode 2021 – 2027,Kades antar waktu periode 2018 – 2024 di lantai I Kantor Bupati Kupang mengatakan, “Keberhasilan desa keberhasilan kita semua”.

  • Bagikan