Sulamu, Jadi Kwartir Ranting Pertama, di Kabupaten Kupang

  • Bagikan
Wabup Kupang Jerry Manafe saat mengukuhkan dan melantik Pengurus Kwartir Ranting Pramuka kecamatan Sulamu Sabtu (11/12/21).

OELAMASI, DLOBAMORA-SPOT.COM – Sulamu resmi menjadi Kwartir ranting pertama organisasi Pramuka di Kabupaten Kupang.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Sulamu dilakukan Wakil Bupati Kupang dalam upacara yang berlangsung di halaman depan kantor Camat Sulamu Sabtu (11/12/2021).

 

Wabup Jerry Manafe, selaku Ketua Gerakan Pramuka Kabupaten Kupang mengatakan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada sekarang, telah mengubah tatanan kehidupan umat manusia secara global. Penyebaran informasi telah masuk ke ruang-ruang publik dan telah mengubah gaya hidup manusia yang mengarah pada pelaku konsumerisme, materialisme dan hedonisme. Ruang publik dalam interaksi sosial lebih dihargai dengan kepentingan ekonomi, politik dibandingkan dengan kepentingan persahabatan, kekerabatan dan sosial.

 

Manafe menuturkan, untuk menjawab tantangan-tantangan dekadensi moral, pramuka hadir sebagai salah satu elemen bangsa untuk melakukan penguatan karakter generasi muda. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Kupang telah menyusun program kerjanya selalu bertujuan mendukung program Pemkab Kupang dalam bidang Pendidikan dan Penguatan SDM.

 

Tidak hanya itu, Wabup Jerry Manafe juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama antara pemerintah kecamatan Sulamu, tokoh agama dan tokoh masyarakat, para Kepsek, guru-guru, pembina pramuka , peserta didik dan masyarakat pada umumnya yang telah mengembangkan kegiatan Pramuka di kecamatan Sulamu dalam pembentukan Kwartir Ranting Sulamu yang merupakan tonggak sejarah dalam pembentukan Kwartir Ranting sekabupaten Kupang dimana merupakan kwartir ranting pertama yang dibentuk di Kwartir Cabang Kab. Kupang.

 

“Setelah organisasi ini dibentuk, saya harap segera menyusun program kerja dinamis untuk membentuk watak karakter peserta didik. Para kades dan kepsek harus mendukung penuh program kerja kepramukaan dan memberi dukungan moril serta dana melalui dana desa dan dana BOS sehingga kelangsungan kwartir Ranting Sulamu berjalan dengan baik. Hindari gesekan kepentingan antar pengurus dan selesaikanlah setiap masalah dengan musyawarah mufakat.”, tegas Jerry Manafe.

 

Akhir kata, Manafe menghimbau kepada seluruh warga Pramuka baik tingkat Siaga, Penggalang Penegak, Pendega, Pembina dan seluruh Unsur Andalan Cabang maupun Ranting sebagai garda terdepan pemberantasan covid -19 dengan mematuhi prokes dalam setiap kegiatan. Tahun 2022 akan diadakan Jambore tingkat daerah Provinsi NTT di Labuan Bajo dan akan dilanjutkan dengan Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta.

 

Kegiatan dihadiri Camat Sulamu, Sekretaris Camat Sulamu dan Kapolsek Sulamu.

  • Bagikan