Tim KPK, Datangi Kantor Bupati Kupang. Untuk Apa ?

Reporter: NickydaltonEditor: Sintus
  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno saat menyampaikan sambutanua pada Rakor Manajemen Aset dan Pajak Daerah Dalam Capaian MCP bersama Tim Koordinasi dan Supervisi wilayah V KPK RI di gedung civic center Rabu (27/10/21).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang Korinus Maseno siang tadi didatangi tim KPK RI. Mereka adalah Tim Supervisi Wilayah V KPK RI.

 

Rombongan hadir untuk mengikuti Rakor Manajemen Aset dan Pajak Daerah Dalam Capaian MCP (Monitoring Centre For Prevention) Triwulan III 2021.

 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Kupang pada hari Rabu, (27/10/2021).

 

Bupati Kupang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi wilayah V KPK RI.

 

“Semoga mampu menghadirkan suplemen tambahan bagi Pemkab Kupang dalam upaya mewujudkan peningkatan capaian rencana aksi pencegahan korupsi”, ucap dia.

 

Masneno menuturkan, Pemkab Kupang secara khusus menyambut baik Platform Pencegahan Korupsi Pemda melalui MCP yang telah digagas KPK RI.

 

Platform ini sungguh membantu, dalam melakukan penilaian mandiri progres capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang telah kami lakukan selama ini.

 

“Melalui MCP kami juga lebih intens melakukan berbagai upaya pada 8 fokus pencegahan korupsi didaerah kami. Mulai dari perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu 1 pintu. Juga kapabilitas APIP, manajemen ASN, dana desa, optimalisasi pajak daerah dan manajemen aset daerah”, jelas Korinus.

 

Dia menjelaskan, Pemkab Kupang merasa bersyukur optimalisasi pajak daerah dan manajemen aset daerah bisa disupervisi langsung. Karena kedua fokus ini butuh penanganan serius dan komprehensif untuk dilakukan upaya tindaklanjut yang tepat. Dan pemetaan yang baik pada setiap indikator dan sub indikator yang ada. Sehingga capaian akhir pencegahan korupsi triwulan III yang baru 21,66%, mampu ditingkatkan sampai 40%, akhir 2021. Kiranya melalui supervisi nanti, hasilnya dapat dijadikan masukan yang sungguh berarti bagi Pemkab Kupang.

 

Masneno mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan anggota Tim Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK RI yang mengagendakan kegiatan ini. Bagi inspektorat dan semua perangkat daerah terkait wajib mengikuti kegiatan di tempat ini dan saat peninjauan lapangan dengan sebaik-baiknya.

 

Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK RI Fries Mounth Wongso melanjutkan, ini merupakan pertemuan kedua di kabupaten Kupang. Tentu untuk melakukan monitoring evaluasi terkait pajak dan aset Pemkab Kupang.

 

Wongso meminta agar data yang diberikan kepada pihak inspektorat harus yang terbaru sehingga bisa dilakukan penilaian pada tahun depan.

 

Turut hadir mendampingi, Wabup Jerry Manafe, Sekda Obet Laha
Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Kupang Novita D.E. Foenay, serta para Pimpinan OPD terkait lingkup kabupaten Kupang.

  • Bagikan