Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Rumah Zakat Bantu Nelayan Kota Kupang

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Lembaga kemanusiaan Rumah Zakat menyerahkan bantuan berupa dua unit perahu motor bagi nelayan Kota Kupang. Perahu motor berukuran 3 GT itu diperuntukkan bagi para nelayan yang terdampak badai siklon tropis seroja pada April 2021 lalu. Penyerahan berlangsung secara virtual disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, Selasa (31/8). Turut hadir secara virtual dalam kegiatan tersebut, Lurah Namosain, Ester M.S. Manu.

Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Lega, menyampaikan apresiasi kepada Rumah Zakat dan para donaturnya. Karena melalui kegiatan ini sudah memberikan perhatian kepada warga Kota Kupang, terutama para nelayan. Dia mengakui, di tengah perjuangan menghadapi pandemi covid -19, Kota Kupang diterjang badai siklon tropis seroja April lalu. Tidak hanya rumah warga yang rusak berat, banyak perahu nelayan yang tersapu badai.

Ignas menambahkan, Pemerintah Kota Kupang berupaya dengan dukungan anggaran pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat serta sumbangan para mitra dan donatur. Beberapa hari lalu dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Keuangan RI, Walikota Kupang, sudah menyampaikan permohonan bantuan pemerintah pusat bagi nelayan. Menurutnya bantuan perahu dari Rumah Zakat hari ini, sudah menjawab sebagian dari permintaan Walikota tersebut. “Saya minta manfaatkan secara baik demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga”, ucap dia.

Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda menyampaikan kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dengan bantuan perahu ini dia berharap para nelayan kecil bisa memperoleh akses untuk memanfaatkan sumber daya laut.
Menurut dia, saat badai siklon tropis seroja melanda Kota Kupang, Rumah Zakat sudah langsung menerjunkan sejumlah relawan membantu warga terdampak. Ada bantuan makanan siap saji, perlengkapan, obat-obatan, air bersih dan masker.

Murni menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang selama ini terus memberikan dukungan pada Rumah Zakat. Dia berharap kerja sama ini terus berlanjut karena masih banyak warga terdampak yang membutuhkan uluran tangan.

Ramadhan Ikbal, warga Kelurahan Namosain yang menerima bantuan perahu motor tersebut menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat. Dia berharap bantuan semacam ini terus berlanjut, karena masih banyak rekan-rekan nelayan yang kehilangan perahu dan membutuhkan bantuan. (PKP_ans)

  • Bagikan