Batu Brawn Suguhkan Pemandangan Pantai Teres Yang Aduhai

  • Bagikan
Inilah Puncak Batu brawn. Ada Mahasiswa Yang sedang berselfi di lokasi ini. Diabadikan Sabtu (29/5/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pantai Teres. Apa arti obyek wisata ini tanpa batu Brawn. Ya batu Brawun menyuguhkan pemandangan paling “gila” pantai Teres yang berada di Amarasi Selatan kabupaten Kupang. Dari atas bukit Batu Brawn Pengunjung dapat menikmati indahnya pantai teres. Bukan hanya itu sebentar lagi lokasi itu akan dilengkapi dengan teropong untuk menikmati Sunrise dan sunset.

Inilah lopo di puncak Batu Brawn yang terkena serangan Seroja atap daunnya terangkat. semoga cepat diperbaiki.

Upaya pemerintah untuk menyiapkan berbagai fasilitas di pantai Teres hampir rampung. Ada Lopo, taman bunga, ada air langsung minum di beberapa titik sepanjang jalan dari Batu Braun ke lokasi sentral obyek wisata Teres  dan listrik serta berbagai fasilitas lainnya sudah selesai.

“Sempat ada gangguan saat badai Siklon Tropis Seroja. Lopo besar di puncak Fatu Brawn yang terangkat sedikit tapi sudah diatasi. Yang sangat tidak mungkin dikerjakan itu kolam dalam laut. Karena sapa pu Eksa mau masuk. Air garam. Terus katong pung masyarakat yang swakelola tidak ada kemampuan teknis untuk melakukan itu. kemudian lopo dengan restoran di lokasi khusus karena Exa gali tanah di situ pasir garukan dari bukit kecil yang di atas sehingga tanah jalan terus. Musim hujan dia turun. (labil-red), Kolam renang yang di bagian bawa juga sama. kalo kolam air tawar bisa katong laksanakan tapi biaya sonde cukup, karena biaya untuk helem keliling, cor keliling, kalo tidak air kotor masuk terus, karena berada di jalur bawa. Air kotor turun tutup. Itu masalahnya. Sementara yang lain sudah selesai”, urainya.

ada jalan menuju pantai teres di bawa bukit Batu Brawn

Lebih jauh ia mengatakan, saat ini pemda sedang menghadapi kendala pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)  yang diterapkan 100 persen di Kabupaten Kupang, sehingga pengelolaan keuangan melalui jalan panjang.

“Nah kita punya kegiatan ini dana luncuran. Tahun lalu tidak selesai dilanjutkan tahun ini. Problemnya adalah system keuangan lewat SIPD ini. Ada persyaratan-persyaratan walaupun kita sudah bayar sebagian besar dari awal tapi untuk luncurkan ini harus ada pemeriksaan dari BPK. BPK sudha habis periksa sekarang inspektorat. Nah rekomendasi itulah yang kita bisa pake untuk permintaan pembayaran atau stop. Jadi kolam laut tidak bisa dikerjakan sedangkan kolam darat masih menunggu pemeriksaan setelah itu baru kita tau mana yang lanjut mana yang stop, sekaligus mau pembayaran yang sudah selesai dikerjakan 16 dari 18 item yang direncanakan”, kta dia.

ada 193 anak tangga menuju bukit Batu Brawn

Menurut dia, 9 Lopo yang direncakan sudah selesai dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya.

“Lopo ada 9, 1 besar, 8 sedang”, ujarnya.

Lantas apa rencana setelah seluruh fasilitas dinyatakan selesai ? “Tahun ini Kita rencanakan pengadaan teropong untuk bisa melihat matahari terbit dan terbenam, dari atas fatu Brawn tinggi jadi bisa lihat sampai Australia.

Ia menambahkan, Pembangunan Pantai Teres tidak sebatas itu, masih ada fasilitas lain yang semestinya ditambah untuk menjadi pembeda dengan obyek wisata di tempat lain. (Tim/sintus)

 

  • Bagikan