Pulau Semau Raih Juara II Kategori Destinasi Baru dalam Ajang API 2021

0 1.124

MABAR, FLOBAMORA-SPOT.COM – Master of Ceremony (MC), Riris Sulistiowati dan Bimo mengumumkan NTT sebagai juara umum dengan nominasi yang berhasil meraih juara 1 Pada 5 kategori dan juara 2 pada 3 kategori Dari total 18 Kategori PADA malam Penghargaan API 2020 Kamis (20/5/21). Salah satu daerah yang disebut adalah Pulau Semau di kabupaten Kupang yang meraih juara II kategori Destinasi baru.

 

“8 nominasi kategori yang dijuarai NTT yaitu; Pertama, Kategori Surga Tersembunyi juara II diraih oleh Mulut Seribu di kabupaten Rote Ndao, Kategori Makanan Tradisional juara I diraih oleh daging Se’i provinsi NTT, Kategori Destinasi Belanja juara I diraih Sentra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang, Kategori Wisata Air juara II disabet Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur, Kategori Dataran Tinggi juara I diraih Fulan Fehan di kabupaten Belu, kategori Kampung Tradisional, juara I diraih Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, kategori Destinasi Baru, juara II diraih Pulau Semau di kabupaten Kupang, dan kategori Situs Sejarah, juara I diraih Liang Bua Ruteng, kabupaten Manggarai”, pungkasnya.

Dalam rilis yang dikirim Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT itu dijelaskan, Seleksi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020, dilaksanakan secara ketat oleh Komite Seleksi API Indonesia Tahun 2020 secara profesional dan Independen, Kajian dan Seleksi, Penentuan dan Penetapan Nominasi melalui Vote dengan periodesasi 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020 melalui You Tube API 2020, Website API 2020, Android App dan SMS 99386.

Kondisi hari ini, Labuan Bajo-NTT menjadi Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, NTT masuk nomisasi tiga besar dan bersaing dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Aceh.

 

Sejak  September Tahun 2018, untuk periode 2018-2023, NTT di pimpin oleh Gubernur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dan Wakil Gubernur, Josef A. Nae Soi (JNS) dengan spirit NTT Bangkit NTT Sejahtera dengan Pariwisata sebagai Penggerak utama pembangunan di NTT.

 

Pariwisata sebagai Prime mover pembangunan di NTT memiliki 1.378 dengan rincian 636 destinasi wisata alam, 500 destinasi wisata budaya, 101 destinasi wisata minat khusus, 41 destinasi wisata buatan sebagai kekuatan untuk pencapaian kesejahteraan di NTT untuk terus bergerak  maju dengan pendekatan modernisasi dan digitalisasi.

 

Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai  Provinsi yang memiliki luasan lautan melebihi luasan daratan, secara administrasi memilik 21 Kabupaten dan 1 Kota.

 

Wilayah Administrasi tersebut, secara terpisah berbasis kepulauan, yakni Pulau Timor (Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka), Pulau Flores (Kabupaten Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat) dan Pulau Sumba (Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya) serta Kabupaten Kepulauan Lainnya  yaitu Kabupaten Alor, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Rote Ndao. (SP BIRO AP NTT/ellena)