NTT Kembali Ukir Prestasi di Kancah Nasional,

8 Produk Wisata Masuk 3 Besar Anugerah Pesona Indonesia 2020

0 103

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT Dr.Jelamu Ardu Marius dalam ketrangan pers kepada sejumlah Media di Aula El tari Kupang Rabu (17/3/21) mengatakan, delapan produk Wisata NTT masuk 3 besar dalam ajang Anugerah pesona Indonesia. Ke delapan produk wisata yang akan diumumkan pada 9 April 2021 di Hotel Inaya Bay Komodo – Labuanbajo itu antara lain, Se’i untuk Kategori Makanan Tradisional Terpopuler 2020, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang untuk kategori Destinasu Belanja Terpopuler 2020, Island Hoping Pulau Meko Kabupaten Flores Timur untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020, Fulan Fehan Kabupaten Belu untuk Kategori Dataran Tinggi Terpopuler 2020 serta Situs Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler 2020.

 

“ NTT pernah juara umum pada tahun 2016 lalu dan kali ini masuk 3 besar. Ini prestasi luar biasa”, ungkap Dr. Jelamu.

 

Ia mengatakan, pengumuman Anugerah pesona Indonesia yang dilakukan April 2021 merupakan kesempatan bagi NTT untuk menyampaikan pesan kepada publik tentang destinasi NTT baik yang popular maupun belum untuk dikunjungi.

 

“Ajang ini merupakan kesempatan untuk menggali seluruh potensi wisata yang dimiliki NTT”, jelasnya.

 

Founder Anugerah Pesona Indonesia sekaligus Founder Ayo Jalan-Jalan Muhamad Syafaat mengatakan,

Pengumuman Anugerah pesona Indonesia (API) bertujuan  mengangkat destinasi baru dan unggulan untuk diviralkan baik di kancah domestik maupum internasional.

“ Seluruh pemda mengirimkan destinasi dan dari ribuan yang masuk dilakulan penjurian tahun lalu setelah itu baru pengumuman”, kata dia.

 

Ketua ASITA sekaligus Ketua Pemenangan Nominasi NTT Abet Frans mengatakan, pihaknya bersama istri Gubernur Julie Laiskodat pernah melakukan promosi pariwisata ke mana-mana sehingga menghantarkan NTT meraih posisi 3 besar dalam ajang ini.

 

“Dan pengumuman Anugerah pesona Indonesia di Labuan Bajo mendapat apresiasi dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat”, ujarnya.

Sekretaris Dinas pariwisata NTT Aleks Koroh menyatakan bangga dengan perolehan posisi 3 besar se-Indonesia.

 

“Ada kolaborasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah provinsi dengan kabupaten Kota juga dengan ASITA”, kata dia.

Ia menilai Covid-19 menjadi penghambat namun harus optimis badai pasti berlalu dan pariwisata pasti bangkit. (Ellena)