Cegah Anemia Pada Remaja Putri  

0 93

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pelatihan Program Penanggulangan Anemia bagi remaja Putri menjadi hal penting yang harus diketahui oleh berbagai pihak termasuk remaja sendiri, karena kegiatan yang dilakukan di Hotel Neo Aston Kupang pada hari Rabu, 10 Maret 2021 sangat bermanfaat demi mencegah anemia pada remaja.

Kegiatan yang ditutup oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kupang Krispinianus Patmawan ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Kupang bersama Save The Children, Nutrition International dan Yayasan Masyarakat Tangguh Sejahtera.

 

As I Sekda kabupaten Kupang Krispinianus Patmawan mengatakan kegiatan pelatihan yang singkat ini dipenuhi dengan berbagai konsep, teori dan diskusi yang bermanfaat khususnya bagi petugas puskesmas dan guru UKS di tingkat SMA/SMK dalam upaya penanggulangan anemia bagi remaja putri di Kabupaten Kupang.

 

“saya berharap para peserta yang mendapat pelatihan selama 2 hari ini dapat mengimplementasikan hal-hal yang telah diperoleh dalam pelatihan ini”, kata dia.

 

Patmawan menegaskan, dengan terlaksananya pelatihan ini maka secara tidak langsung kapasitas dan tanggungjawab para petugas puskesmas maupun guru UKS telah ditingkatkan dan menjadi ujung tombak penanggulangan anemia bagi remaja putri di Kabupaten Kupang.

 

“Oleh karena itu,  atas nama Pemkab Kupang, saya menyampaikan terima kasih kepada Save the Children, Nutrition Internasional, Yayasan Masyarakat Tangguh Sejahtera, para peserta pelatihan yang dengan semangat mengikuti seluruh agenda pelatihan juga memperhatikan prokes pencegahan C-19, dan juga para fasilitator serta narasumber yang telah memberikan bekal ilmu , pengalaman dan informasi yang bermanfaat dalam penanggulangan anemia di kabupaten Kupang. Semoga kemitraan yang telah terjalin dapat terus kita kembangkan dalam mengatasi permasalahan yang ada dimasyarakat sehingga kita dapat mewujudkan masyarakat Kab. Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera” , jelas Krispinianus.

 

Provincial Coordinator Program Bisa, Ririn Leba mengucapkan terima kasih atas partisipasi Tim Marungga dan para fasilitator serta seluruh peserta pelatihan yang sudah meluangkan waktu selama 2 hari untuk mengikuti kegiatan ini.

“Semoga informasi yang sudah diterima bisa menjadi bekal untuk puskesmas dan sekolah masing-masing serta berkomitmen untuk secara rutin melaksanakan program pemberian tablet tambah darah pada remaja putrid”, harapnya.

 

Lebih lanjut Ririn mengatakan, keberhasilan program ini tentunya ada dalam koordinasi antara puskesmas dan sekolah. “Kami juga mengingatkan dalam kondisi pandemi covid saat ini tentunya tidak menghalangi kita untuk membagikan tablet tambah darah kepada remaja putri yang dikondisikan dengan situasi dimasing-masing wilayah. Karena remaja putri merupakan salah satu sasaran yang perlu kita perhatikan khususnya untuk pemberian tablet tambah darah yang nantinya akan dipersiapkan menjadi calon ibu”, kata dia.

 

Fery Umbu Tamu selaku peserta pelatihan mengungkapkan, hal yang sangat berkesan dan menjadi amanah bagi peserta di lingkungan tugas masing-masing terutama di puskesmas dan di sekolah-sekolah yaitu untuk mensukseskan program pencegahan anemia terhadap remaja putri hingga tahun 2024.

 

“Untuk itu, kami berterima kasih kepada Pemkab. Kupang dan dinas terkait serta para sponsor yang telah membuat kegiatan ini”, ungkapnya. (Rilis/Nick)