Mau Adu Adrenalin di atas Flyingfox ?

  • Bagikan
Flyingfox Ekowisata Raknamo. Diabadikan Jumat siang (5/3/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Bendungan Raknamo so pasti anda sudah kenal. Bendungan ini berada di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto, kabupaten Kupang. Namun jika sebut Ekowisata Raknamo pasti banyak dari anda yang belum tau. Letaknya satu area dengan Bendungan berkapastias 17 Juta kubik air itu, tepatnya di bagian Selatan Bendungan.

Spot foto IBila anda sudah memasuki area bendungan langsung belok kanan berjalan terus menuju bagian selatan kira-kira 1 km anda menemui pintu masuk Eko Wisata Raknamo. Di pintu masuk itu anda harus membereskan administrasi (saat ini 12.000. setelah semua fasilitas siap dipakai akan naik lagi) sebelum palang pintu diangkat dan petugas mempersilahkan anda masuk. Dengan 12.000 itu anda bisa naik flyingfox, foto di 2 spot dan Menara Pandang.

 

Apa Saja Fasilitas di sana ?

Saat masuk anda akan menemui 3 lopo sebagai tempat berteduh jika langit cerah dan panas. Ada lagi satu buah lopo yang khusus untuk kantin (melayani kebutuhan pengunjung). Di depan kantin ini anda akan melihat sebuah flyingfox sepanjang 120 Meter. Dari sinilah petualangan anda di ekowisata Raknamo dimulai.

spot foto II

Setelah menyebrang dengan Flyingfox anda mendapati Lokasi pertemuan yang sudah disiapkan sedemikian rupa, dengan bangku-bangku dan sebuah panggung sederhana tanpa gedung, (namanya juga ekowisata, tapi jika dibutuhkan tenda bisa disiapkan oleh petugas). Dari sini anda menyebrangi sebuah jembatan menuju spot foto pertama, berbentuk hati dengan latar belakang bendungan raknamo. Setelah ada puas berfoto di spot pertama anda berpindah ke spot foto kedua berbentuk lingkaran yang dibuat sangat menarik oleh Pengelola. Dan tempat terakhir yang sayang kalau dilewatkan yakni Menara Pandang. Dari menara pandang ini anda dapat mengexplore seluruh area Bendungan raknamo dengan panorama yang ditawarkan sangat indah.

Menara Pandang. dari atas Menara ini anda bisa melihat seluruh Area Bendungan Raknamo

“Awalnya program pemulihan ekonomi karena Pandemic covid. Jadi kita sepakat dengan masyarakat untuk membuat ekowisata dan potensinya ada di Raknamo ini. Kawasan hutannya sangat mendukung wisata berbasis alam (ekowisata). Kita sepakat dengan bapa desa dan kelompok “Tani Hutan Baru Terbit” di sini untuk membuat lopo-lopo”, kata Staf Analisis Rehabilitasi dan Konservasi Hutan Wilayah kabupaten Kupang Samuel Marganda manurung, S.Hut kepada wartawan Jumat (5/3/21).

Pelataran di bawa menara Pandang. dari sini anda menikmati area Bendungan raknamo

Destinasi Ekowisata Raknamo telah diresmikan Bupati Kupang Korinus Masneno pada Jumad, (26/2/21). Pengelolaan destinasi ini kerjasama UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kabupaten Kupang dengan “Kelompok Tani Hutan Baru Terbit” Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto sekaligus sebagai kegiatan menyongsong hari konservasi alam nasional Tahun 2021.

area pertemuan

Untuk sampai ke sini anda melintasi jalan Timor Raya melewati Naibonat belok kanan menuju Bendungan Raknamo. Anda masuk sekitar 10 km. Dari Pusat Kota Oelamasi sekitar 17 km. Dari Kota Kupang sektiar 38 Km menggunakan rental atau Grab dengan tariff yang bisa anda sepakati. (Rilis/Sintus)

  • Bagikan