Serahkan DPA, Ini Apresiaai Bupati Kupang Kepada OPD

0 64

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang Korinus Masneno saat menghadiri acara penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah Kabupaten Kupang T.A.2021, Jumad (29/1/21) di kantor Bupati Kupang mengatakan, secara administrasi seluruh tahapan dalam pengelolaan keuangan daerah telah dilaksanakan baik secara manual maupun eletronik berbasis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

 

“Terima kasih Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta para pimpinan perangkat daerah dan jajarannya atas kerja keras dan tanggungjawab yang telah diberikan dalam menyelesaikan dokumen pelaksanaan anggaran ini”, ujarnya.

 

Lanjutnya, sesuai peraturan daerah kabupaten No 07 Thn 2020 ttg APBD Kabupaten Kupang T.A.2021 maka target pendapatan daerah yang dibebankan untuk TA.2021 adalah sebesar Rp.1.222.230.336.614 atau meningkat 2, 89% dibanding target pendapatan daerah T.A.2020.

 

Sementara utk komponen belanja, target yang ditetapkan sebesar Rp.1.271.966.298.230 atau menurun 0,13% dibanding T. A. 2020.

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi anggaran, dengan tetap memprioritaskan alokasi anggaran dalam penanganan covid 19 dengan prioritas pada penanganan kesehatan, dampak ekonomi, penyediaan jaring Pengaman sosial serta penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana ketentuan Permendagri No 64 Thn 2020 tentang pedoman penyusunan APBD TA.2021.

 

Selanjutnya untuk target penerimaan pembiayaan ditetapkan sebesar Rp.58.235.961.616 yg diproyeksikan berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran T.A. 2021.

 

Sementara untuk pengeluaran pembiayaan ditetapkan sebesar 8, 5 miliar yang dialokasikan untuk penyertaan modal daerah sebagaimana kewajiban Pemerintah daerah yang ditetapkan dalam Perda Kabupaten Kupang No 1 Tahun 2019 tentang penyertaan modal.

 

“Hal ini penting disampaikan Bupati sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada kita terutama pimpinan OPD tentang target-target yang wajib kita realisasikan pd T. A. 2021 ini”, urainya.

 

Bupati meminta perlu ada keseriusan disertai langkah-langkah konkrit yang diyakini mampu mendorong pencapaian target pendapatan maupun belanja, sehingga alokasi anggaran yang ditetapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan kabupaten Kupang dan yang terutama dapat dipertanggungjawabkan secara fisik maupun administrasi.

 

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan ada pemeriksaan awal pertanggungjawaban anggaran 2020 oleh Lembaga Pemeriksa Keuangan untuk itu persiapkan dengan baik.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya tak lupa Bupati menyinggung penerapan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Kupang Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kpg No 800/234/BKPSDMKABKPG/2021 telah diterapkannya Sistem Kerja ASN Bekerja Dari Rumah (WFH) TMT 1 Feb-15 Feb 2021.

 

Masneno minta agar pimpinan OPD segera membagi tugas dan jadwal masuk kantor pegawainya dengan tetap serius taati prokes.

 

“Pemerintah harus sehat, jaga kesehatan sehingga masyarakat yang dibimbingnya juga sehat.
Sementara Kepada OPD yang bertanggungjawab di Bidang Kesehatan dan Bencana agar bekerja secara maksimal, jangan terlalu slow atau tidak berjalan dengan baik, berusaha memacu kinerja, tidak kerja asal jadi, asal senang”, ujarnya.

 

Dia menegaskan, prokes bukan untuk keistimewaan melainkan demi menjaga kesehatan. “Karena sehat itu mahal, sayangi diri anda dan keluarga”, harapnya.

 

Acara ini ditandai dgn penyerahan DPA secara simbolis kepada Pimpinan OPD yang hadir serta penandatanganan berita acara. (PKP/MERCY).