Bandeng, Sumber Gizi Penting bagi Tubuh

  • Bagikan
ikan bandeng

Jumat, 11 Mei 2018

Laporan : Yasintus Fahik

ikan bandeng

Kupang, flobamora-spot.com – Ikan bandeng cukup dikenal berbagai lapisan masyarakat. Di pasar tradisional, warung pinggir jalan hingga pasar modern dan restoran bintang lima memberi tempat tersendiri bagi ikan berdaging lembut ini. Ikan bandeng merupakan salah satu tangkapan laut yang sudah dibudidayakan melalui tambak.

Daging ikan ini bertekstur lembut sedikit kenyal dan gurih. Duri kecil-kecil di seluruh tubuh bandeng awalnya cukup merepotkan. Namun, dengan teknologi panci presto, duri bukan lagi halangan untuk menikmati bandeng.

Ketika teknologi presto makin murah, bandeng presto menjadi menu yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Apalagi ketika kemudian ada teknologi cabut duri. Teknologi ini menghasilkan ikan bandeng segar tanpa duri-durinya yang mengganggu.

Bandeng segar tanpa duri siap diolah menjadi berbagai santapan lezat. Kaya gizi Di Jakarta dan sekitarnya, mungkin sebagian masyarakatnya pernah mencicipi kelezatan daging bandeng.

Selain presto, ada pindang bandeng, sop, tim, digoreng, dibakar, atau dipepes.

Selain duri dan rasa khasnya, ternyata ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan manusia. Berdasarkan informasi dari situs Infopeternakan.com edisi 10 April 2015, Deniarko menuliskan, ikan bandeng kaya gizi.

Menurut pengujian yang telah dilakukan, seperti ditulis Deniarko, ikan bandeng memiliki kandungan omega 3 lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lain. Pada ikan bandeng, kandungan omega 3 sebesar 14,2 persen, sementara ikan lainnya seperti sardin mengandung 3,9 persen, salmon (2,6 persen), dan tuna (0,2 persen).

Asam lemak omega terdiri dari omega 3, 6, dan 9. Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Omega 3 penting sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari asam lemak seperti EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (A-linolenat).

Jika rajin mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak seperti terkandung di bandeng setiap hari tanpa berlebihan, hal itu bisa membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, dan mengurangi depresi.

Omega 3 baik untuk ibu hamil guna meningkatkan air susu ibu dan kualitasnya. Anak yang dilahirkan pun lebih sehat dan cerdas. Protein tinggi Selain omega 3, kandungan protein pada bandeng sebesar 20,38 persen, lebih tinggi daripada beberapa ikan lain.

Mengonsumsi bandeng dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh. Tingginya kandungan gizi pada bandeng dapat mencegah penyakit jantung koroner, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi rutin ikan bandeng dapat mencegah penyakit kekurangan gizi mikro dan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf serta perkembangan otak. Manfaat lain adalah dapat mengurangi risiko hipertensi. (PIN/WIN)

Sumber : lifestyle.kompas.com/foto, Wisnu Widiantoro

  • Bagikan