Salut !! Dukung Pariwisata, Babinsa Koramil 1604-06/Batakte  Bantu Masyarakat Membangun Lopo

0 68

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dukungan TNI melalui babinsa terhadap dunia pariwisata patut diapresiasi. Babinsa tidak sungkan-sungkan membantu masyarakat seperti ditunjukkan anggota Koramil 1604-06/Batakte Kodim 1604/Kupang Sertu Deni Sinlae bersama masyarakat melaksanakan karya bakti membangun Lopo di Pantai wisata Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat, Senin (21/12/20).

 

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Sertu Deni Sinlae mengatakan bahwa melalui kegiatan karya bakti ini akan terjalin kerjasama yang baik antara TNI dengan masyarakat, sehingga akan tercipta kemanunggalan TNI-Rakyat yang semakin kuat.

 

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata pengabdian TNI untuk rakyat. Inilah bentuk kepedulian kami selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) selalu bersama warga dalam bergotong-royong di setiap kegiatan di wilayah binaan terutama di obyek wisata Tablolong,” tambahnya.

 

Sertu Deni menyampaikan Lopo adalah rumah adat yang terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur. Rumah ini menjadi salah satu rumah adat dari suku Abui yang berada di Kabupaten Alor. Rumah Lopo juga dianggap sebagai sebagai rumah serbaguna karena rumah ini memiliki banyak kegunaan.

 

“Lopo sudah menjadi warisan nenek moyang kami sebagai tempat simpan hasil panen dan juga tempat berkumpul,” ujarnya.

 

“Fungsi Lopo tidak hanya itu. Lopo juga menjadi tempat bagi warga membahas setiap persoalan yang dihadapi, termasuk gotong-royong di desa biasanya warga berkumpul di Lopo untuk membahasnya, atau saat ada upacara adat, segala persiapan dibahas bersama di Lopo,” pungkas Babinsa. (Pendim1604/Kupang)