Danau Nefokouk, Yukk mari Kita Jelajahi ??

0 151

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam bahasa daerah setempat Danau Nefokouk mempunyai arti “Danau Besar”. Ini terlihat dari luasnya danau yang mencapai satu hektare dengan kedalaman delapan meter dan dikelilingi oleh pepohonan besar dan rimbun.

DAanau Nefokouk

Danau Nefokouk terletak di desa Apren kecamatan Amarasi dalam kawasan Taman Hutan Raya Herman Johanes, yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Provinsi NTT.

Jarak ke tempat ini Kurang lebih 25 km dari ibukota Kabupaten Kupang Oelamasi atau 45 km dari Kota Kupang. Akses jalan menuju ke Danau Nefokouk cukup baik karena bisa dilalui kendaraan berbagai jenis.

Panorama alam di danau ini sangat indah karena ditumbuhi pohon-pohon besar dan rindang, sehingga pengunjung akan merasa sejuk dan nyaman.

Bagi Pengunjung yang hoby mancing bisa juga memancing di tempat ini. obyek wisata ini akan menjadi obyek wisata unggulan dari kabupaten Kupang karena telah dibangun lopo-lopo dan jalan lingkar sepanjang danau serta direncanakan ke depan akan dibangun berbagai fasilitas pendukung.

 

Mediantt.com yang berkesempatan ke lokasi itu, beberapa waktu lalu, mendapat cerita dari warga dan juga Camat Amarasi ketika itu Alexander O. Matte, tentang keunikan objek wisata Danau Nefokou tersebut.

Keunikan suatu tempat wisata bisa saja timbul karena ceritanya yang bersifat mistis atau kisah-kisah menarik yang telah diwariskan secara turun temurun. Namun Danau Nefokouk, menurut Camat, indah bukan hanya karena kisahnya. Keindahan Nefoko’uk justru karena keberadaannya yang sangat unik dan berbeda dengan objek wisata lainnya.

Ia menjelaskan, keunikan Danau Nefokou karena danau tersebut merupakan objek wisata alam. Ukurannya sangat besar dan merupakan satu-satunya danau di wilayah Kabupaten Kupang. Danau ini sama sekali tidak memiliki satu mata air pun, namun airnya tidak pernah kering walaupun kemarau panjang. Pemerintah punya upaya untuk mengembangkan danau tersebut dan diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya, sehingga mereka bisa menjual hasil perkebunan yang beragam dan sangat potensial. (Sintus)

 Sumber: Profil Pariwisata Kabupaten Kupang dan Mediantt.com.