Viral !! Nama Misionarist Katolik Asal NTT Jadi nama Jalan di Argentina

  • Bagikan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – PADRE Amans Laka. Kalau di Indonesia khususnya di NTT biasa disebut Pater. Artinya kurang lebih sama. “Bapa”. Dipanggil Pater karena Beliau adalah seorang Imam Allah dari Kongregasi Societas Verbi Divini (SVD). Lengkapnya Pater Amans Laka, SVD.

Padre Amans Laka, SVD Pastor asal Timor yang pernah bertugas 10 tahun di Argentina. Tabe Tuan.

P. Amans menghabiskan masa pendidikan sekolah Menengah di SMA Seminari Lalian melanjutkan Pendidikan di Maumere, Flores dan ditahbiskan menjadi Imam 1996 silam. Setelah ditahbis menjadi Imam, P. Amans langsung bertugas di Argentina, negara asal Paus Fransiskus.

 

Sesuai informasi pada dinding FB @ Elisabeth Maria Mersin, nama Missionaris asal Kefa NTT ini diabadikan Pemerintah Argentina sebagai nama Jalan di propinsi Misiones Kota Esperanza. “AMANS LAKA STREET”

 

Mengapa demikian ? Kita patut berbangga karena selama Pater berkiprah di Negara Argentina sejak 1996 – 2016 di Provinsi Misiones selain menjadi gembala umat yang baik Pater juga adalah pendiri sekolah – sekolah, perkebunan – perkebunan, serta Peternakan – peternakan yang luasnya berhektar-hektar dan berhasil guna bagi umat dan masyarakat Argentina, memiliki jaringan kerja yang sangat luas dengan pemerintah dan swasta di sana dan negara lainnya.

 

“Pope Fransiskus adalah kawan baiknya semasa di Argentiana dulu”, tulis Maria Mersin.

Sekarang Padre Amans sudah pindah tugas ke Negara Cuba.

 

“AMANS LAKA STREET” akan abadi di negara itu meski Padre Amans telah tiada. Nama Pastor asal Timor Tengah Utara (TTU), darah daging Suku Tolbein Lakulo Kabukalaran, desa Lakulo, kecamatan Weliman, kabupaten Malaka ini selamanya akan tertoreh sebagai pelaku Pembangunan di Kota Misiones Argentina. Salve Pater Amanz, Leluhur Lakulo menunggumu. (Sintus).

  • Bagikan