JNS:”Kami Datang Untuk Merasakan Apa Yang Dirasakan Masyarakat”

  • Bagikan
Wagub NTT JNS bersama rombongan menuju Kampung adat Umbu Koba, Desa Delo Kecamatan Wewewa Selatan, Selasa (6/10)

SBD, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi (JNS) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), tepatnya di Kampung Adat Umbu Koba, Desa Delo Kecamatan Wewewa Selatan, Selasa (6/10).

 

Wagub JNS bersama rombongan tiba di Bandara Tambolaka pukul 15.00 dan disambut oleh  disambut oleh Bupati SBD dan Wakil Bupati SBD. Selanjutnya rombongan menuju Kampung adat Umbu Koda dengan menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari bandara Tambolaka. Wagub Nae Soi bersama rombongan melihat langsung  lokasi Kampung Adat tersebut sekaligus menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok  senilai  Rp.100.000.000 dan bantuan uang tunai sebesar RP. 100.000.000 yang bersumber dari Bank NTT kepada masyarakat  yang mengalami bencana kebakaran bulan lalu, Minggu (27/9).

 

“Kami datang untuk merasakan apa yang dirasakan masyarakat  di sini. Pemerintah bersama stakeholder terkait ingin berbagi rasa terhadap musibah yang menimpa saudaraku semua. Setiap musibah mesti direfleksikan  agar kedepannya kita mesti lebih baik lagi.  Langkah-langkah yang haruskita  lakukan yaitu masa  tanggap darurat, tahap rekonstruksi dan rehabilitasi,” jelas Wagub Nae Soi di hadapan masyarakat.

 

Kepala Desa Delo dalam dialog tersebut mengusulkan sejumlah kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat kampung adat Umbu Koba.

 

“Sebelum kami menyampaikan usulan kami, ijinkan kami menyampaikan ritual payewau dan pekalaka sebagai wujud bersyukurnya kami atas kehadiran bapa wagub di kampung kami. Yang dibutuhkan disini adalah pertama, jalan menuju kampung kami. Kedua, Alat penangkal Kilat. Ketiga,  pengelolaan hutan disekitar kampung kami, karena sejak dulu leluhur kami bergantung hidup dari hutan ini,” ungkap Kades Delo.

 

Camat Wewewa Selatan juga menyampaikan terkait kondisi administrasi kampung adat tersebut dan jumlah kepala keluarga yang terkena dampak dari bencana kebakaran serta usulan tertulis terkait pembangunan kembali Kampung adat Umbu Koba.

 

“Bapak Wagub, terimakasih atas kunjungannya, dapat kami sampaikan, jumlah rumah yang terbakar sejumlah  25 rumah, terdiri dari 1 rumah untuk ritual adat dan 24 rumah masyarakat. Dikampung sini terdapat 30 kepala keluarga dengan jumlah masyarakat sebanyak 175 jiwa yg terdampak dari kebakaran ini serta 1 korban jiwa yang meninggal dunia akibat bencana ini,” jelas Camat Wewewa Selatan.

 

Wagub Josef merespon terkait usulan yang disampaikan oleh masyarakat  melalui Kepala Desa Delo.

 

“Untuk pembangunan jalan, kami mesti berkoordinasi terkait status jalan tersebut untuk merealisasikan pembangunan tersebut. Terkait penangkal petir, dalam waktu dekat langsung kami realisasikan. Sedangkan pengelolaan hutan, kita mesti mengkoordinasikan. Intinya, urusan kehutanan itu, tetap kita carikan jalan keluarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Saat ini kita melalui tahapan tanggap darurat untuk dukungan kita saat ini. Sementara  tahap rehabilitasi,  kita tetap melakukan perencanaan yg baik agar harapan masyarakat dapat tercapai. Prinsipnya saya bersama Gubernur NTT beserta Bupati dan Wakil Bupati tetap merespon atas apa yang telah diajukan. Tentunya ada yang bisa dipenuhi dalam dalam waktu dekat dan ada yang melalui proses,” tegas Wagub JNS.

 

Turut hadir dalam Kunjungan tersebut, Wakil Bupati SBD, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, PLT. Direktur Utama PT. Bank NTT, Staf Khusus Wakil Gubernur NTT bidang Pengawasan. (SP/TB)

  • Bagikan