SMP-SMA di 11 kabupaten di NTT  Gelar Tahun Ajaran Baru Dengan Tatap Muka

PAUD-TK-SD bulan berikut

0 189

JAKARTA, FLOBAMORA-SPOT.COM – Ada 104 daerah di Indonesia termasuk 11 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dapat izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim untuk bisa mengadakan kegiatan belajar mengajar dengan sistem tatap muka.

Mulai, hari ini Senin (13/7/2020) ada 104 kabupaten di seluruh Indonesia yang masuk zona hijau yang bisa memperlakukan sistem tatap muka yakni Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas (SMP – SMA).

“Bulan setelah ini Sekolah Dasar baru diperlakukan tatap muka, baru dua bulan lagi PAUD diperlakukan tatap muka,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim saat dikonfirmasi daring dengan Media ini Sabtu (11/7/2020) .

Nadiem Makarim menyebutkan, 11 Kabupaten di NTT yang masuk daerah zona hijau yang bisa melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar dengan sistem tatap muka adalah Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Ngada, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Lembata, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Untuk SD baru akan diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka setelah dipastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik bagi SMP dan SMA.

” Kami mengutamakan dulu jenjang yang lebih dewasa untuk memastikan penjagaan jarak dan disiplin social distancing bisa berjalan,” tutur Mendikbud Makarim.

Terkait dengan kebijakan ini, kata Makarim, untuk mendukung inisiatif dan ide tersebut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membebaskan kepala sekolah menggunakan dana bantuan operasional sekolah ( BOS) untuk mempersiapkan fasilitas pencegahan penularan Covid- 19 di sekolah.

Ia berharap kebebasan ini dapat digunakan dengan sebaik – baiknya sehingga proses pembelajaran tatap muka nantinya dapat berjalan dengan aman dan terhindar dari penyebaran covid-19 cluster baru di sekolah.  (Sintus)

Sumber :Lintas Timor

Pewarta Imam N

Editor : Agus Bobe