Data Menunjang Pembangunan, Wujudkan NTT Bangkit dan Sejahtera

  • Bagikan
prof-I-Gusti-Bagus-ARJANA saat mmaparkan materi pada Pertemuan Bako Humas Selasa (25/2)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM  “Data penduduk itu penting karena penduduk adalah modal dasar pembangunan atau disebut juga agen pembangunan. Penduduk memiliki peranan dalam merencanakan pembangunan, pelaksana pembangunan, pengawas/pengevaluasi hasil atau capaian pembangunan dan penikmat hasil-hasil pembangunan”.

Demikian dikatakan Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, M.S, Guru Besar Undana, dalam materi tentang Dampak strategis data kependudukan untuk menunjang pembangunan mewujudkan NTT bangkit-NTT sejahtera, yang berlangsung di Hotel Ima, Selasa (25/2).

“Data mempunyai peranan dalam pembangunan karena dengan data pembangunan dapat dilakukan secara terencana oleh sekelompok penduduk, instansi, pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan”, jelas Ketua KKI Provinsi NTT.

Menurut dia, Dalam perkembangan kepandudukan dan pembangunan keluarga yang tertuang dalam UU No. 32 Th. 2009, pasal 13:1, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota bertanggung jawab menetapkan kebijakan daerah, memfasilitasi terlaksananya pedoman meliputi norma, standar, prosedur dan criteria, memberikan pembinaan, bimbingan dan supervisi dan sosialisasi  advokasi dan koordinasi pelaksanaan pembangunan keluarga sesuai dengan kebutuhan, aspirasi dan kemampuan masyarakat setempat.

Ia mengharapkan NTT bangkit NTT sejahtera. Bangkit untuk membangun semangat baru, semangat berjuang untuk bebas dari ketertinggalan, kebodohan dan kemiskinan dan mampu setara dengan daerah-daerah lain. “Sejahtera dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia seperti pangan, sandang, perumahan, kesehatan, pekerjaan dan pendidikan”, pungkasnya.

 

 

  • Bagikan