TNI, Benteng Terakhir Pertahanan NKRI

  • Bagikan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., bertindak selaku inspektur upacara.

 

Upacara peringatan HUT TNI ke-78 Tahun 2023 berlangsung di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jl. El Tari, Kota Kupang, NTT, Kamis (5/10/2023).

 

Bertindak selaku komandan upacara Danyonif 743/PSY Letkol Inf Andri Karsa, S.Sos., M.Han.

Dalam Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., menyampaikan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik”, tegasnya.

 

Lebih lanjut dia menyampaikan berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

 

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan”, tegas Panglima TNI.

 

Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia. Di lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks.

 

“Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” kata Panglima TNI.

 

Selanjutnya dia menjelaskan tentang tema yang diangkat pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, yaitu “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”.

 

“Tema ini mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024,” kata Panglima TNI.

 

Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa.

“TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk”, tandasnya.

 

Pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI saat ini tengah dilakukan secara bertahap.

 

Hal tersebut akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan, sesuai dengan kemampuan negara. TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir.

 

“Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri, guna tercapainya postur TNI yang diharapkan.” Kata Panglima TNI.

 

Selesai rangkaian kegiatan upacara HUT TNI ke 78 para tamu undangan menyaksikan demonstrasi beladiri dari Yonif 743/PSY, Yonarmed 20/Baladhika, Arhanud 9 serta atraksi Drum Band Turangga dari Polda NTT. Kemudian lanjutkan defile pasukan dan kendaraan Alutsista TNI dari tiga matra Darat, Udara, laut serta Polda NTT. Acara ditutup dengan pemberian bantuan sembako untuk Masyarakat.

 

Upacara ini diikuti 1000 orang Prajurit, ASN TNI-Polri dan Instansi pemerintah Daerah. Hadir pula Danlantamal VII/Kupang Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla. Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, ST., M.Hum., M.Han. Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. Seluruh Pejabat tinggi TNI-AD, AL, AU, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J Ny. Ina Febriel Buyung Sikumbang, Ketum Jalasenastri. Ketum PIA Ardhya Garini, Ketum Bhayangkari, jajaran purnawirawan TNI serta seluruh tamu undangan yang hadir. (Penrem).

  • Bagikan